4 Tahun PLTS Tak Beroperasi, Kini Satgas 301 Berhasil Terangkan Dusun Klawik


KAPUAS HULU, KALBAR- Setelah 4 tahun hidup dalam gelap, warga Dusun Klawik, Desa Mensiaw, Kecamatan Lanjak, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, kini bisa merdeka dapat menikmati terang di waktu malam. Setelah Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Malaysia Yonif Raider 301/Pks berhasil memperbaiki pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang selama ini mengalami kerusakan.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 301/Pks, Letkol Inf Andi Hasbullah di Pos Kotis Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu.

"PLTS yang dibangun pemerintah di wilayah perbatasan yang ada tepat di belakang bangunan SD Negeri 11 Klawik selama ini rusak sehingga tidak lagi beroperasi selama 4 tahun karena tidak ada perawatan dan tidak ada yang dapat memperbaiki ketika ada kerusakan," ujarnya.

Ia mengatatakan, dengan rusaknya PLTS yang merupakan satu-satunya pembangkit listrik di Dusun Klawik membuat aktivitas masyarakat di Dusun Klawik terganggu, sedangkan anak-anak tidak bisa belajar pada malam hari serta sebagian warga harus mengunakan lampu pelita dari minyak tanah yang itupun sangat sulit untuk mendapatkannya.

"Melihat keadaan Dusun Klawik yang darurat listrik dan adanya keluhan serta permintaan masyarakat setempat kepada Satgas Yonif Raider 301/Pks sehingga Danpos Klawik, Serka Eko Hariadi beserta 8 personel yang memiliki pengalaman di bidang kelistrikan melakukan perbaikan PLTS,"  tutur Dansatgas Pamtas Yonif R 301/Pks.

Ia  kembali mengatakan, Satgas Yonif Raider 301/Pks, bertekad berbuat terbaik, ikhlas, dan jujur dalam melaksanakan perbaikan dengan memeriksa satu per satu komponen PLTS di Kampung Banda, kemudian memperbaiki yang rusak. Beberapa di antara perangkat, seperti pengisian baterai PLTS sudah rusak kemudian diperbaiki oleh Satgas Pamtas.

"Selama satu pekan memperbaiki dan mengganti komponen yang rusak, akhirnya Satgas Pamtas Yonif Raider 301/Pks berhasil menghidupkan PLTS di Dusun Klawik dan kemudian memasang kembali kabel listrik ke rumah warga," ucap Letkol Inf Andi Hasbullah.

"Perbaikan PLTS di Dusun Klawik salah bukti upaya Satgas Pamtas Yonif 301/Pks dalam mengatasi kesulitan masyarakat di perbatasan yang merupakan beranda terdepan NKRI," ucapnya menambahkan.

Yohanes Adi Putra, Kepala Dusun Klawik menyampaikan terima kasih kepada satgas karena rumah mereka kembali teraliri listrik dan dapat menerangi lagi Dusun Klawik.

 "Anak-anak sekolah bisa belajar, menonton TV dan ibu-ibu setelah pulang dari kebun bisa masak," ujar Yohanes Adi Putra.

Masyarakat Dusun Klawik, lanjut  bergembira karena rumah-rumah mereka sudah terang dan lampu jalan di kampung dapat bersinar kembali sembari disambut tawa gembira dari para siswa SD Negeri 11 Dusun Klawik. (Pendam XII/Tpr).
[16:47, 7/31/2019] Kapendam XII/Tpr: Danramil Samalantan Evakuasi Nenek Alusia yang sedang Koma

Bengkayang, Rabu (31/7/19)- Wujud kepedulian terhadap warga binaan, Komandan Koramil (Danramil) 1202-12/Samalantan, Letnan Dua Inf Agustinus membantu warga Desa Gerantung, Kec. Monterado, Kab. Bengkayang, yang sedang sakit dan harus dievakuasi ke rumah sakit karena kondisinya koma alias tidak sadarkan diri.

Alusia, Demikian nama lengkapnya. Nenek berumur 74 tahun ini, demi kesembuhannya Danramil membawa Nenek Alusia dengan menggunakan mobil ambulans dievakuasi menuju rumah sakit dengan dibantu dari pihak keluarga.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 1202-12/Samalantan, Letda Inf Agustinus, menyampaikan do'a agar nenek lekas diberikan kesembuhan dan kesehatan, serta berpesan kepada keluarganya untuk sabar, tabah dan merawat nenek dengan sebaik-baiknya.

"Kepedulian ini akan terus dilakukan semua anggota Koramil terutama Babinsa sebagai pembina wilayah, sehingga terwujud hubungan baik dengan warga," tutur Danramil.

Sementara itu, pihak keluarga sangat berterima kasih kepada bapak Danramil yang telah membantu kami, dan berharap agar wujud kebersamaan antara TNI dengan Rakyat dimanapun berada dan bertugas tetap harus terjalin, terpelihara demi kesejahteraan serta kemajuan diwilayah binaan Koramil 1202-12/Samalantan.

"Semoga dengan kepedulian TNI terhadap warga, akan menjadikan kepedulian yang membawa berkah," ucapnya.

Penulis: Pendam XII/Tpr


COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,573,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,6,Kab Kubu Raya,216,Kab Landak,186,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,60,Olahraga,18,Pariwisata,3,Politik,12,Polri,750,TNI,1226,
ltr
item
borneoterkini: 4 Tahun PLTS Tak Beroperasi, Kini Satgas 301 Berhasil Terangkan Dusun Klawik
4 Tahun PLTS Tak Beroperasi, Kini Satgas 301 Berhasil Terangkan Dusun Klawik
https://1.bp.blogspot.com/-NmWXAuAGaVI/XUI2n9JU35I/AAAAAAAAEJ0/4OcrSpVcQykkzG1Y1c6ujinN3CwAW8JfwCLcBGAs/s640/24.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-NmWXAuAGaVI/XUI2n9JU35I/AAAAAAAAEJ0/4OcrSpVcQykkzG1Y1c6ujinN3CwAW8JfwCLcBGAs/s72-c/24.jpeg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/07/4-tahun-plts-tak-beroperasi-kini-satgas.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/07/4-tahun-plts-tak-beroperasi-kini-satgas.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy