Bupati Sintang Tinjau Demplot Teh di Sepulut Sepauk


SINTANG, BT - Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M.Med.PH meninjau lahan percontohan atau Demplot (Demontration Plot) Teh yang merupakan kerjasama pemerintah Kabupaten Sintang dengan Solidaridad serta Keling Kumang Grup di Desa Sepulut, Kecamatan Sepauk, Senin (22/7/19), sekaligus berdialog di lokasi kebun teh tersebut.

Hadir mendampingi Bupati pada peninjaun itu Harry Hendrarto dari Indonesia Tea Marketing Association (ITMA), Country Manager Solidaridad Kulbir Mehta, Pengurus MG Keling Kumang Grup, jajaran Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Forkopimcam Sepauk dan pihak terkait lainnya.

Jarot mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sintang sangat memberikan dukungan adanya lahan percontohan atau demplot Teh di Desa Sepulut tersebut. Dirinya pun terkejut ketika melihat teh yang di tanam di lahan milik salah satu warga desa sepulut ini tumbuh dengan subur.
“Saya terkejut pas datang tu liat teh yang di tanam ni tumbuh subur, karena dulu kita waktu kecil bah nonton di televisi kan yang namanya kebun teh tu kan di gunung-gunungkan, ni rupanya di dataran rendah pun bisa tumbuh subur gini,”kata Jarot.

Oleh karna itu menurut Jarot, teh tersebut perlu dan bisa di kembang di daerah lain di Kabupaten Sintang, karna di Sepulut saja tanaman teh itu bisa tumbuh subur terlebih juga jika di tanam di daerah lain, maka bisa di prediksikan akan memiliki potensi yang cukup besar.

“Itu di sepulut. Apalagi kalau di kaki Keburau, di belubuk juga kita tanam, sekitaran bukit saran, bukit kujau, condong, di kelam misalnya, mungkin lebih subur lagi, ”ungkap Jarot.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Veronica Ancili mengatakan bahwa uji coba tanaman Teh ini dimulai dari Demplot. Melihat di Desa Sepulut ini teh nya tumbuh subur, maka selanjutnya akan di tanam juga demplot teh ini di daerah lain seperti di Kecamatan Kelam Permai salah satunya.

“Kita melihat potensinya cukup baik, ini demplot ya atau percontohan, melalui demplot ini juga ya kita lakukan sebagai wadah sosialisasi ke masyarakat bahwa ada komoditi baru yang bisa di kembangkan di Kabupaten Sintang," kata  Veronica.

Ia berharap, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Sintang, tanaman teh ini nantinya juga bisa memenuhi suplai teh yang memang selama ini terjadi kekurangan di Indonesia.

Country Manager Solidaridad, Kulbir Mehta mengatakan, teh yang di tanam di Desa Sepulut ini jenis teh Upasi Sembilan yang merupakan teh khusus untuk dataran rendah. Bibitnya di bawa dari Jawa Tengah, namun teh ini berasal dari India Selatan yang di bawa ke Jawa Tengah sejak 20 tahun lalu untuk di Kembangkan. Untuk di Kabupaten Sintang baru di perkenalkan tahun 2019 ini di Desa Sepulut Kecamatan Sepauk.

 “Total yang di tanam disini ada 80 pokok teh, namun yang jadi atau tumbuh subur sekitar 50 pokok. Tadi kita dialog dengan Pak Bupati, bahwa teh ini juga akan di kembangkan di daerah lain di Kabupaten Sintang ini,”ujar Kulbir. (Humas/as)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,255,Kab Landak,217,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,53,Polri,765,TNI,1285,
ltr
item
borneoterkini: Bupati Sintang Tinjau Demplot Teh di Sepulut Sepauk
Bupati Sintang Tinjau Demplot Teh di Sepulut Sepauk
https://1.bp.blogspot.com/-C1PFAep7CUg/XTce104UAmI/AAAAAAAAD8g/fkwBVwl_cEk0RU82spfTHxPdBg-70Ph4QCLcBGAs/s320/PhotoPictureResizer_190723_214827722_crop_1280x684.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-C1PFAep7CUg/XTce104UAmI/AAAAAAAAD8g/fkwBVwl_cEk0RU82spfTHxPdBg-70Ph4QCLcBGAs/s72-c/PhotoPictureResizer_190723_214827722_crop_1280x684.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/07/bupati-sintang-tinjau-demplot-teh-di.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/07/bupati-sintang-tinjau-demplot-teh-di.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy