DAD Sintang Gelar Lomba Lagu Dayak Pada PGD Ke-VIII


SINTANG, BT - Salah satu upaya menggali potensi para penyanyi dayak di Kabupaten Sintang, Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang menggelar Lomba Lagu Dayak Kategori Anak dan Dewasa pada Pekan Gawai Dayak ke-VIII Kabupaten Sintang, di Indoor Apang Semangai Sintang, Rabu (10/07/2019).

Koordinator Lomba Lagu Dayak Kategori anak-anak dan dewasa Gawai Dayak ke-VIII Kabupaten Sintang, Sutarman menyampaikan, lomba lagu dayak kategori anak dan kategori dewasa pada PGD tahun ini merupakan pemecah rekor peserta terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya selama penyelenggaran lomba lagu dayak.

“Sebenarnya tahun ini memecahkan rekor secara peserta  terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya hanya untuk kategori anak putra memang tidak pernah banyak namun untuk kategori anak putri tahun ini bahkan 2 kali lipat dibanding sebelumnya,” jelasnya.

Sutarman menjelaskan, pada lomba lagu dayak penyisihan ini peserta hanya menyayikan lagu wajib sesuai kategori, dan jika masuk final maka akan menyayikan lagu pilihan yang telah ditentukan oleh panitia.

“Lagu wajib yang kami siapkan untuk kategori anak putra yakni, lagu Apang Semangai dan  untuk anak putri lagu Dedang Petuah, sedangkan untuk kategori dewasa putra lagu, Cuma dara dan kategori dewasa putri lagu tekenang,” Jelas Sutarman.

Menurutnya, Kabupaten Sintang merupakan kabupaten paling produktif dalam memproduksi lagu daerah, dan diharapkan melalui lomba lagu dayak dari semua kategori yang dilombakan dapat melahirkan generasi penerus yang akan melestarikan dan mengangkat budaya terutama lagu dayak.

Sementara itu, salah satu peserta lomba lagu dayak kategori dewasa, Yofita mengaku senang dan bangga karna lomba lagu dayak dapat mengasah kemampuan serta menambah pengalamannya.
“Urusan kalah menang adalah hal biasa dalam sebuah lomba, dan melalui lomba ini saya juga ingin belajar kebudayaan dayak antara lain lagu dayak ini,” Ujarnya.

Yofita juga mengajak kaum muda sebagai pemuda dayak yang berkualitas yang tidak kalah dengan kebudayaan dari luar untuk mengakat kebudayaan karna budaya dayak telah banyak digantikan kebudayaan luar.

Lomba lagu dayak kategori dewasa dan anak terdiri dari 14 peserta kategori anak dan 35 peserta kategori dewasa dinilai oleh Tim juri yakni 5 juri yang berlatang belakang pencipta lagu, pemain musik, penyayi, penata audio dan guru vokal. (Humas/As)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,257,Kab Landak,217,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,53,Polri,765,TNI,1289,
ltr
item
borneoterkini: DAD Sintang Gelar Lomba Lagu Dayak Pada PGD Ke-VIII
DAD Sintang Gelar Lomba Lagu Dayak Pada PGD Ke-VIII
https://1.bp.blogspot.com/-m5-TcS0N0IQ/XSbWbI4cnOI/AAAAAAAADnA/oNKxhpEG08gHEiffenhQUDi5PsK8W4RowCLcBGAs/s320/PhotoPictureResizer_190711_132411112_crop_1280x649.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-m5-TcS0N0IQ/XSbWbI4cnOI/AAAAAAAADnA/oNKxhpEG08gHEiffenhQUDi5PsK8W4RowCLcBGAs/s72-c/PhotoPictureResizer_190711_132411112_crop_1280x649.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/07/dad-sintang-gelar-lomba-lagu-dayak-pada.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/07/dad-sintang-gelar-lomba-lagu-dayak-pada.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy