Desa Mandiri, Sekda dan Kapolres Landak Apresiasi Desa Hilir Kantor


LANDAK, BT- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Landak, Vinsensius dan Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio meninjau Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang, Jumat (26/7). Dikunjunginya desa tersebut karena Desa Hilir Kantor merupakan salah satu desa menuju desa mandiri.

Di Landak sendiri ada empat desa yang dipersiapkan untuk menuju desa mandiri. Selain Desa Hilir Kantor, ada juga Desa Hilir Tengah Kecamatan Ngabang, Desa Amboyo Inti Kecamatan Ngabang dan Desa Sompak Kecamatan Sompak.

Dalam kunjungan itu, Sekda dan kapolres meninjau Poskamling Selojeng yang sempat dinilai oleh tim Polda Kalbar. Kemudian, mengunjungi usaha depot air minum isi ulang milik Bumdes. Saat melakukan peninjauan, Sekda dan Kapolres didampingi Camat Ngabang, Nomensen, Kades Hilir Kantor, Yohanes, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Hilir Kantor. 

Selanjutnya, mereka menggelar pertemuan di Kantor Desa Hilir Kantor. Hadir juga dalam pertemuan itu, para tokoh di Desa Hilir Kantor, para kadus, Ketua RT/RW dan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kades Hilir Kantor, Yohanes menjelaskan kegiatan yang sudah dilakukan pihak desa dalam rangka menuju desa mandiri.

"Puji Tuhan, dalam penilaian desa mandiri di desa kita, kita memperoleh nilai 0,882," ujar Yohanes.

Dijelaskannya, ada sejumlah faktor indikator dalam mewujudkan desa mandiri itu. Indikator itu diantaranya, dari segi kesehatan.

"Pada indikator kesehatan ini kita memiliki Posyandu yang masih aktif hingga sekarang. Kemudian, indikator pendidikan. Kita di Desa Hilir Kantor ada PAUD yang dikelola desa dan didukung PAUD lainnya di Desa Hilir Kantor ini, " ujarnya.

Indikator lainnya tambah Yohanes, taman baca masyarakat berupa Perpusdes yang ada di Desa Hilir Kantor. Selain itu, kegiatan Poskamling yang masih aktif.

"Kita akan menargetkan 44 Poskamling yang ada di desa kita. Sebab, kita memiliki banyak RT yang berjumlah 80 RT. Kegiatan Poskamling inipun kita mendapat dukungan dari Polres Landak," jelasnya.

Indikator lainnya, jelas Yohanes, adanya penyediaan air bersih,fasilitas listrik, fasilitas informasi dan komunikasi.

"Untuk penyediaan air bersih dan listrik di desa kita sudah ada. Untuk fasilitas informasi dan komunikasi, kita ada fasilitas Wi-Fi desa dan Website desa," jelasnya.

Tidak hanya itu kata Yohanes, di Desa Hilir Kantor ada juga pasar kaget yang dikelola oleh BUMDes. Hal itu masuk dalam indikator pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Selain itu, di desa kita ada akses lembaga keuangan seperti Bank dan CU. Masih ada lagi indikator yang sudah kita lakukan untuk menuju desa mandiri, " terang Yohanes.

Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan Desa Hilir Kantor dalam menuju desa mandiri.

"Kita lihat, sudah banyak yang dikerjakan oleh pihak Desa Hilir Kantor untuk menuju desa mandiri. Saya mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan oleh pihak desa, " ujarnya.

Dia melihat, ada motivasi dan kesemangatan dari Desa Hilir Kantor untuk menuju desa mandiri.

"Saya juga mengapresiasi karena IDM Desa Hilir Kantor berada pada posisi pertama dari 156 desa yang ada di Landak. Mudah-mudahan apa yang sudah diraih Desa Hilir Kantor ini bisa menjadi pemicu desa lainnya," harap Bowo.

Kapolres mengakui, memang baru empat desa di Landak yang diusulkan untuk menuju desa mandiri. Keempat desa itu yakni Desa Hilir Kantor, Desa Hilir Tengah dan Desa Amboyo Inti.

"Ketiga desa ini berada di Kecamatan Ngabang. Kemudian, satu lagi di Desa Sompak Kecamatan Sompak. Mudah-mudahan ke depannya bisa bertambah lagi desa di Landak ini yang diusulkan menjadi desa menuju mandiri. Kita tetap mendukung hal ini," katanya.
Kapolres mengakui, untuk memenuhi standar desa menuju mandiri itu, memang butuh kesemangatan dan motivasi.

"Seperti Poskamling yang sudah dibuat dan juga masuk dalam indikator menuju desa mandiri. Kita harus bisa membuat inovasi bagaimana warga semangat untuk mengikuti kegiatan Siskamling dilingkungannya. Dengan demikian, kegiatan Siskamling itu tidak terhenti ditengah-tengah jalan dan masyarakatpun semakin semangat untuk mengikuti Siskamling," terangnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Sekda Landak, Vinsensius.

"Saya beri apresiasi kepada Desa Hilir Kantor yang sudah berupaya untuk menuju desa mandiri. Tapi ingat, penilaian menuju desa mandiri itu tak hanya di tingkat kabupaten saja. Tapi juga di tingkat provinsi dan pusat. Ini merupakan keberhasilan kita semua," ungkap Vinsensius.

Sekda melihat, Desa Hilir Kantor sudah berupaya untuk meningkatkan IDM.
"Ini bukan hal yang gampang. Oleh karena itu, perlu kerja sama yang baik antara semua pihak," pintanya.

Dipenghujung kegiatan, kapolres menyerahkan plakat kepada Kades Hilir Kantor dan Bhabinkamtibmas Hilir Kantor. (rilis)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,573,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,6,Kab Kubu Raya,216,Kab Landak,186,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,60,Olahraga,18,Pariwisata,3,Politik,12,Polri,750,TNI,1226,
ltr
item
borneoterkini: Desa Mandiri, Sekda dan Kapolres Landak Apresiasi Desa Hilir Kantor
Desa Mandiri, Sekda dan Kapolres Landak Apresiasi Desa Hilir Kantor
https://1.bp.blogspot.com/-thL5m30Vs0w/XTrQLA9btwI/AAAAAAAAEC8/Gg7JHou9kZ4GdODRwtsnSARU6hfCRG41gCLcBGAs/s640/15.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-thL5m30Vs0w/XTrQLA9btwI/AAAAAAAAEC8/Gg7JHou9kZ4GdODRwtsnSARU6hfCRG41gCLcBGAs/s72-c/15.jpeg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/07/desa-mandiri-sekda-dan-kapolres-landak.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/07/desa-mandiri-sekda-dan-kapolres-landak.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy