Gidot : Desa Wajib Miliki Data Valid dan Perencanaan Yang Berkualitas


BENGKAYANG, KALBAR - Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, M.Pd membuka langsung kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) di Aula Kantor Camat Lumar, Kamis (1/8/2019) ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak 7 Kali. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 39 Desa yang tersebar di 5 Kecamatan yang masuk dalam Klaster I.

BID merupakan media belajar bagi desa guna memperoleh informasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan inovasi-inovasi baru melalui pertukaran informasi bagi pengembangan desa masing-masing.

Bupati dalam sambutannya mengatakan dengan kewenangan yang dimiliki untuk mengurus pemerintahan desa, sudah semestinya pihak desa menguatkan kemampuan diri dengan menyiapkan data maupun perencanaan yang baik.

"Desa wajib miliki data yang valid dan perencanaan yang berkualitas yang dituangman dalam RPJM dan RKP Desa yang hasil akhirnya masuk APBDes," tegas Bupati.

Desa, kata sebut Bupati memiliki 7 sumber pendapatan yang dapat digunakan untuk mendukung pembangunan desa. Salah satunya adalah Pendapatan Asli Desa (PAD) yang terdiri dari hasil usaha, hasil aset, swadaya dan partisipasi, gotong-royong serta pendapatan asli lainnya. PAD inilah tolok ukur desa yang mandiri.

"Melalui optimalisasi pengelolaan potensi dan sumber daya yang ada di Desa," tambahnya.

BID ini sendiri merupakan salah satu terobosan baru dari pemerintah untuk mendukung kemajuan desa terutama dalam hal menyusun perencanaan serta penyediaan data yang berkualitas.

"Oleh karena itu, melalui pertukaran informasi yang dilakukan dalam pertemuan hari ini, Saya harap dapat memberikan manfaat yang baik bagi kemajuan desa," tutup Bupati. 

Penulis: Robertus/Tri/Sukilah/Kris/Humpro Bky

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,573,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,6,Kab Kubu Raya,216,Kab Landak,186,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,60,Olahraga,18,Pariwisata,3,Politik,12,Polri,750,TNI,1226,
ltr
item
borneoterkini: Gidot : Desa Wajib Miliki Data Valid dan Perencanaan Yang Berkualitas
Gidot : Desa Wajib Miliki Data Valid dan Perencanaan Yang Berkualitas
https://1.bp.blogspot.com/-jj3-qyGUSmo/XUJ_ms01JgI/AAAAAAAAELs/bnxIIqRpKF8prfR-rp2uM79kWIqhiDzLACLcBGAs/s640/43.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-jj3-qyGUSmo/XUJ_ms01JgI/AAAAAAAAELs/bnxIIqRpKF8prfR-rp2uM79kWIqhiDzLACLcBGAs/s72-c/43.jpeg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/07/gidot-desa-wajib-miliki-data-valid-dan.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/07/gidot-desa-wajib-miliki-data-valid-dan.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy