Mediasi Warga Dan Perusahaan: Limbah PT. KKJ Cemari Aliran Parit Desa Nusapati


NUSAPATI, BT - Senin (15/07/19), kemarin. Bertempat di Kantor Desa Nusapati telah dilaksanakannya mediasi permasalahan limbah PT. Kalimantan Kelapa Jaya ( KKJ ) yang mencemari aliran parit Desa Nusapati.

Hadir dalam pertemuan tersebut, 
Kepala Dinas Perhubungan Dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah Suharjo Lie, Camat Sungai Pinyuh, Dra. Daeng Dicky Armeina, Kapolsek Sungai Pinyuh, AKP. Shandy WG Suawa, Danramil Sungai Pinyuh, diwakilkam Babinsa Desa Nusapati, Serda Agustiari,Sekcam Sungai Pinyuh Ibrahim, PJ. Kades Desa Nusapati, A. Rahman, Ketua BPD Nusapati Fahmi, HRD PT. Kalimantan Kelapa Jaya ( KKJ ) Suharsi, para Kadus dan Ketua RT / RW Desa Nusapati,  dan warga Desa Nusapati yang berjumlah sekitar 30
an orang.

Dalam suasana yang akrab itu,  Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah Suharjo Lie mengatakan bahwa terkait permasalahan limbah dari PT. KKJ tersebut dirinya mendapatkan informasi melalui WA dari Bupati Mempawah, dan memerintahkan untuk segera mengatasi permasalahan yang terjadi.

Dalam pertemuan itu juga, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah akan membentuk dan menurunkan Tim guna melakukan pengecekan lapangan dan evaluasi terhada pengelolaan limbah PT. KKJ pakah sudah berfungsi sebagai mana mestinya.

"Kami dalam hal ini Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah akan tetap memperhatikan permintaan serta kepentingan warga terkait permasalahan tersebut, " tegas Suharjo Lie.

Ditempat yang sama Kapolsek Sungai Pinyuh AKP. Shandy WG Suawa menghimbau kepada warga Desa Nusapati yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk tenang, sehingga permintaan / keinginan warga dapat tersalurkan dengan jelas.

Kapolsek Cantik ini juga menghimbau kepada warga Desa Nusapati supaya memberikan kesempatan pihak PT. KKJ untuk dapat menyampaikan mengenai penanganan terhadap permasalahan limbah tersebut.

"Menghimbau agar aspirasi dapat tersampaikan namun tidak mengganggu aktivitas dari Perusahaan karena akan mengganggu stabilitas perekonomian sehingga akan menimbulkan permasalahan baru dan akan menimbulkan ketenangan antar tenaga kerja dari warga Nusapati, " kata kapolsek.

Selanjutnya menghimbau kepada warga Desa Nusapati untuk tetap menjaga sitkamtibmas Desa Nusapti agar tetap kondusif.

HRD PT. Kalimantan Kelapa Jaya ( KKJ ) Suharsi menegaskan penutupan terhadap lokasi tanggul yang menjadi sumber pencemaram limbah tersebut akan segera dilakukan secara permanen.

Pihaknya juga akan melakukan normalisasi atau pembersiahan parit-parit yang terkena dampak limbah dengann menggunakan alat berat (eksafator ) suapaya hasil lebih makasimal, dan akan melakukan pencucian pembersihan parit dengan menggunakan air bersih yang berasal dari pihak perusahaan.

"Terkait lokasi yang akan dilewati pihak PT. KKJ akan melakukan koordinasi dengan Perangkat Desa guna membahas prihal tanam tumbuh milik warga yang akan dilewati alat berat ( eksafator )," tegasnya.

Untuk lokasi parit yang tidak dapat terjangakau alat berat ( eksafator ), rencananya normalisasi akan dilakukan secara manual dengan memberdayakan warga sekitar.

Sehubungan dengan bantuan air bersih pihak PT. KKJ akan bekerja sama dengan Perangkat Desa serta warga guna menentukan titik menyalurkan air bersih tersebut.

Ketua BPD Nusapati Fahmi menerangkan  berdasarkan perjanjian tahun 2014 yang ditanda tangani Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah tersebut menyatakan bahwa limbah yang berasal dari PT. KKJ dan keluar kepemukiman warga tersebut sudah aman atau steril, namun pada kenyataan tidak sama sekali dan prihal tersebut sangat merugikan warga disekitar perusahaan.

"Dalam dalam perjanjian tersebut apabil terjadi kebocoran limbah dari kolam penampungan PT. KKJ ke pemukiman warga, pihak PT. KKJ bersedia memberikan kompensansi sebesar Rp. 2.5 juta. Namun untuk permasalahan yang terjadi saat ini pihak warga hanya meminta agar perusahaan segera mengatasi permasalahan limbah yang sudah sering terjadi sejak tahun 2014 tersebut, " ungkapnya.

Ia juga menegaskan bahwa limbah yang saat ini mencemari parit di Desa Nusapati tersebut berbentuk seperti oli serta mengerluarkan bau tidak sedap.

Sementara itu Camat Sungai Pinyuh, Dra. Daeng Dicky Armeina menyatakan ada reaksi dari warga Desa Nusapati terkait permasalahan limbah tersebut merupakan hal yang wajar, namun warga tidak boleh semena-mena dalam terhadap perusahaan dalam menghadapi permasalahan tersebut.
 
"Bahwa dengan hadirnya perusahaan PT. 
KKJ sangat membantu perkekonomian masyarakat Kec. Sungai Pinyuh khususnya warga Desa Nusapati, namun terkait permasalahan limbah pihak PT. KKJ harus segera mengambil langkah - langkah penanggulangan agar permasalahan yang terjadi tidak berlanjutan, " kata camat.

Dari kasus ini,  langkah - langkah Polsek Sungai Pinyuh terkait pasca pertemuan tersebut, yaitu melakukan penggalangan kepada pihak perusahaan untuk segera merealisasikan permintaan warga Desa Nusapati tersebut.

Melakukan penggalangan terhadap Perangkat Desa, Tomas, Toda, dan Toga agar dapat menghimbau warganya untuk menahan diri dengan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri.

Melakukan koordinasi dengan Instansi terkait serta Muspika untuk bersama- sama mengawasi penanganan limbah yang dilakukan pihak PT. KKJ.

Melakukan monitoring kisaran suara dimasyarakat pasca pertemuan tersebut, karena tidak menutup kemungkinan ada pihak - pihak yang memanfaatkan situasi guna kepentingan pribadi serta tidak menutup kemungkinan akan muncul permasalahan baru terkait aktifitas perusahaan tersebut.

Hasil dari pertemuan tersebut akan dibuatkan surat kesepakatan bersama antara pihak PT. KKJ dgn warga desa nusapati.

Penulis: One

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,255,Kab Landak,216,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,51,Polri,765,TNI,1281,
ltr
item
borneoterkini: Mediasi Warga Dan Perusahaan: Limbah PT. KKJ Cemari Aliran Parit Desa Nusapati
Mediasi Warga Dan Perusahaan: Limbah PT. KKJ Cemari Aliran Parit Desa Nusapati
https://1.bp.blogspot.com/-BOhYk82Xo0I/XS1HG6wwBlI/AAAAAAAADyk/Xd5gJM1dfiEc5w8oy_dix6nT503ttkpJwCLcBGAs/s640/IMG-20190716-WA0064.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-BOhYk82Xo0I/XS1HG6wwBlI/AAAAAAAADyk/Xd5gJM1dfiEc5w8oy_dix6nT503ttkpJwCLcBGAs/s72-c/IMG-20190716-WA0064.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/07/mediasi-warga-dan-perusahaan-limbah-pt.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/07/mediasi-warga-dan-perusahaan-limbah-pt.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy