Jarot Lantik Kades Nanga Sake dan Senibung


SINTANG, KALBAR - Kepala Desa Nanga Sake Kecamatan Ambalau dan Kepala Desa Senibung Kecamatan Ketungau Hilir, pada hari Senin, (26/8/2019) resmi dilantik oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno yang ditandai dengan penyematan tanda kepangkatan kepada kedua Kades terpilih pada pemilihan kepala desa serentak se-Kabupaten Sintang pada tahun 2018 lalu. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang menyampaikan bahwa, didalam penyelenggaraan otonomi desa sebagai upaya mengatur dan mengurus desa, maka ada tujuh kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yakni, “menetapkan perdes, menyelenggarakan pemerintahan desa, memiliki pimpinan pemerintah desa, memiliki kekayaan desa, menggali dan menetapkan sumber pendapatan desa, memberdayakan masyarakat, dan mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga desa.

Menurutnya, tugas dari Kepala Desa dalam mengemban amanah tidaklah ringan dan harus mampu menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat desa. Dibutuhkan jiwa kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni, mampu memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya, kemudian dapat didukung oleh sebagian besar masyarakat desa, sehingga hal ini harus diperhatikan dengan baik.

Dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Jarot menyebut harus menumbuhkembangkan rasa partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan. Selain itu, juga dibutuhkan pelayanan yang prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan desa khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa harus ditunjukkan, agar menumbuhkan suasana demokratis dikalangan masyarakat.

“Saya berpesan agar kedua kepala Desa yang baru dilantik ini, untuk dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, penuh tanggungjawab, dan profesional dalam bekerja, kemudian membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, dan  selalu menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen masyarakat di Desa," pesan Jarot.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMDes) Kabupaten Sintang, Herkolanus Roni mengetakan, ada dua Kepala Desa yang dilantik pada hari ini, yaitu Kepala Desa Nanga Sake Kecamatan Ambalau dan Kepala Desa Senibung Kecamatan Ketungau Hilir.

Menurut Roni, pelantikan kedua Kades terpilih dari Pilkades serentak tahun 2018 lalu mendapatkan polemik ditengah masyarakat. Kedua desa ini memang dalam pemilihan Kades 2018 lalu ada pihak yang merasa kurang puas dengan hasil pemilihan kades, sehingga para pihak yang kurang puas tersebut melanjutkan gugatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara dan pada akhirnya putusan dari PTUN berjalan dengan lancar. "Hasilnya inkrah setelah 14 hari tidak dilakukan upaya banding, sehingga pada hari ini dilantik langsung oleh Bupati Sintang," jelasnya.

Polemik tersebut kata Roni, merupakan hal yang lumrah dalam dunia demokrasi. Dalam dinamika demokrasi, tentu tidak boleh saling membatas-batasi. "Jadi kalau ada para pihak yang merasa proses penyelenggaraan pemerintah tersebut dianggap belum memuaskan maka mereka boleh melakukan gugatan ke PTUN, dan itu dipersilahkan," pungkasnya.

Kepala Desa Nanga Sake, Kecamatan Ambalau, Icong usai dilantik mengungkapkan bahwa dirinya akan bekerja semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat didesa yang dipimpinnya. “Setelah dilantik ini, saya ingin bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan tugas pokok dan fungsi saya sebagai kepala desa," katanya. (As)

Sumber: Humas

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,255,Kab Landak,216,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,51,Polri,765,TNI,1281,
ltr
item
borneoterkini: Jarot Lantik Kades Nanga Sake dan Senibung
Jarot Lantik Kades Nanga Sake dan Senibung
https://1.bp.blogspot.com/-ERKcUsTY8eI/XWPM0EmTMKI/AAAAAAAAEuY/-M4KsuAxS-UlzTT1cHfNbmRFCTmr99VSACLcBGAs/s320/PhotoPictureResizer_190826_191125680_crop_1124x750.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ERKcUsTY8eI/XWPM0EmTMKI/AAAAAAAAEuY/-M4KsuAxS-UlzTT1cHfNbmRFCTmr99VSACLcBGAs/s72-c/PhotoPictureResizer_190826_191125680_crop_1124x750.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/08/jarot-lantik-kades-nanga-sake-dan.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/08/jarot-lantik-kades-nanga-sake-dan.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy