Jarot Resmikan Listrik Masuk Desa Sungai Labi


SINTANG, KALBAR - 74 tahun Indonesia Merdeka, baru ditahun 2019 ini, Desa Sungai Labi teraliri oleh jaringan listrik, berkat perjuangan sang kepala Desa Sungai Labi untuk mendapatkan aliran listrik di Desanya, tentu masyarakat merasa merdeka karena Desa mereka sudah masuk jaringan listrik, tak hanya itu, Desa Sungai Labi juga mendapatkan jatah bantuan program Rumah Tidak Layak Huni atau rumah yang tidak layak dihuni kemudian direnovasi menjadi lebih layak huni, kedua program tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno yang ditandai dengan pengguntingan pita,  pada Senin, (11/11/2019), bertempat di Desa Sungai Labi, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa masyarakat sudah bisa menikmati apa itu kemerdekaan, tetapi masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

“Pada hari ini kita sudah merasakan setengah kemerdekaan, karena listrik sudah masuk ke Desa kita, tetapi belum merasakan kemerdekaan yang sepenuhnya, karena jalan menuju Desa Sungai Labi masih belum memadai, dan perlu perhatian serta menjadi PR Pemerintah saat ini," kata Jarot.

Selain jalan yang masih belum memadai, sambung Jarot dalam sambutannya, bahwa persoalan teknologi dan pendidikan di Desa Sungai Labi ini masih sangat kurang.

"Untuk menunjang teknologi pastinya memerlukan sinyal untuk kita bisa mengakses informasi melalui handphone, kemudian anak-anak kita juga belum semuanya mendapatkan pendidikan yang berkualitas, sebab guru masih kurang, SD juga masih SD kelas jauh," sambung Jarot.

Akan tetapi, lanjut Jarot, dengan program jaringan listrik yang sudah masuk ke Desa Sungai Labi patut di syukuri karena dapat menghemat biaya pengeluaran masyarakat.

“Tentunya kita bersyukur, program listrik masuk desa telah masuk ke Desa Sungai Labi ini, dengan adanya jaringan listrik masuk desa, maka biaya hidup lebih hemat, dibandingkan kalau belum ada listrik, kita perlu bahan bakar untuk mengisi mesin-mesin pembangkit listrik, seperti genset, dompeng," lanjutnya.

Masih kata Bupati Sintang, kemudian terkait program Rumah Tidak Layak Huni atau Bedah rumah tersebut akan membuat desa menjadi naik levelnya,yang kedua program bedah rumah sudah masuk juga ke desa ini, meskipun baru 30 rumah yang sudah direnovasi atau dibedah, tetap harus bersyukur, semoga setiap tahunnya program renovasi rumah ini semakin bertambah, sehingga dapat meningkatkan level yang dulunya Desa Sangat Tertinggal menjadi Desa Tertinggal, dan nantinya akan bergerak maju menjadi Desa berkembang dan bahkan bisa menjadi Desa Maju.

Terkait untuk menjadikan sebuah desa yang maju, Bupati Sintang dihadapan masyarakat menyampaikan empat pesan Presiden Republik Indonesia. Pertama, kita tentukan Produk Unggulan Desa, terserah apa saja, padi, karet, cabai, ternak ayam boleh. Kedua, dirikanlah Badan Usaha Milik Desa. Ketiga, membuat embung, dan yang keempat membuat sarana olahraga desa. Kalau lah sudah keempat itu dilaksanakan maka Desa Sungai Labi bisa menjadi Desa berkembang bahkan menjadi desa maju.

 “Saya berpesan kepada seluruh masyarakat di Desa Sungai Labi, kalau rumah sudah direnovasi, kemudian air bersih sudah masuk ke desa, tinggal kita tambah lagi pada setiap rumah harus ada kloset, kalau sudah ada kloset semuanya, kita bikin Peraturan Desa tidak boleh buang air besar sembarangan, harus BAB di kloset, karena BAB sembarangan dapat menyebarkan penyakit," himbaunya.

“Perjuangan saya untuk mendapatkan listrik ini tidaklah mudah, empat tahun berjalan dibawah kepemimpinan saya, Desa Sungai Labi ini terus saya perjuangkan masalah listrik, turun naik ke Pontianak, Sintang untuk memperjuangkan semua ini, dan pada akhirnya saya turut merasakan apa artinya itu Indonesia merdeka, karena jaringan listrik sudah masuk di Desa Sungai Labi," kata Kades Sungai Labi, Silpanus.

Silpanus mengatakan, selain program listrik masuk desa, Pemerintah juga memberikan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) artinya bedah rumah. Itu maksudnya rumah yang sudah tidak layak dihuni akan direnovasi sehingga menjadi layak huni. Untuk di Desa Sungai Labi ini mendapatkan jatah 30 unit pembangunan renovasi rumah, dengan harapan bisa meningkatkan status dari Desa Sangat Tertinggal menjadi Desa Tertinggal.

Silpanus berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memperhatikan sarana penunjang seperti jalan masuk menuju ke Desa Sungai Labi.

“Usulan saya kepada Pak Bupati yakni, kedepannya dari Desa Landau Kodam sampai ke Desa Sungai Labi sekiranya jalan bisa diperbaiki, melalui program UPJJ, karena saat ini jalannya cukup parah padahal jaraknya agak dekat. Kemudian untuk SD kami meminta agar SD disini segera di Negeri kan, itu usulan saya pak," pintanya. (hms)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,579,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,272,Kab Landak,231,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,70,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,62,Polri,775,TNI,1336,
ltr
item
borneoterkini: Jarot Resmikan Listrik Masuk Desa Sungai Labi
Jarot Resmikan Listrik Masuk Desa Sungai Labi
https://1.bp.blogspot.com/-FmHwn3b63BI/XctTMCs3PxI/AAAAAAAAF_w/5w6GGYM5V_Q5WDgXztJg0dfFovM_cbrKwCLcBGAsYHQ/s640/3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FmHwn3b63BI/XctTMCs3PxI/AAAAAAAAF_w/5w6GGYM5V_Q5WDgXztJg0dfFovM_cbrKwCLcBGAsYHQ/s72-c/3.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/11/jarot-resmikan-listrik-masuk-desa.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/11/jarot-resmikan-listrik-masuk-desa.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy