Bupati Menanjak Uji Ketegangan 20.000 Volt


HUMPRO KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri Gelar Pasukan dan Peralatan Bakti Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di halaman PT PLN (Persero) UIW Kalimantan Barat di Jalan Adi Sucipto Kubu Raya, Kamis (26/12). Gelar Pasukan menjadi ajang unjuk kesiapan PLN dalam melayani masyarakat terkait keandalan pasokan listrik.

Memastikan kebenaran kesiapan tersebut, Bupati Muda Mahendrawan melakukan aksi mengejutkan, yakni menguji ketegangan listrik 20.000 volt.
Dengan mengenakan pakaian khusus dan didampingi seorang petugas teknis, ia menaiki mobil skylift crane. Selanjutnya tanpa ragu menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi tersebut. Aksi Muda ini tak pelak mengundang aplaus dari seluruh peserta gelar pasukan dan jajaran PLN yang ada.

“Apel hari ini merupakan momentum yang baik untuk mengetahui kesiapan PLN dalam melayani masyarakat, khususnya pada sisi keandalan pasokan listrik,” ujar Bupati Muda saat menyampaikan sambutan.

Ia menuturkan, listrik menjadi faktor penting khususnya di momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. Karena itu, dirinya berharap seluruh jajaran PLN, pemerintah, dan pihak-pihak terkait terus membangun komunikasi. Sekaligus mewaspadai gejala-gejala yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat. Ia menyebut apel PDKB bermanfaat untuk memperbaharui semangat dan dedikasi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Harapan itu akan terwujud jika di dalam diri kita tertanam motivasi kerja dan terpatri komitmen untuk selalu melakukan yang terbaik bagi masyarakat dan pelanggan,” pesannya.

Bupati Muda menyebut PLN sebagai perusahaan yang mengedepankan profesionalitas dan pelayanan publik. Dirinya mengapresiasi PLN karena telah membentuk “pasukan khusus” yang telah terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian komponen infrastruktur listrik dengan keadaan yang sedang bertegangan. Hal itu, menurutnya, merupakan bentuk komitmen PLN dalam menjaga keandalan suplai listrik bagi masyarakat.

“Konsep yang tertanam dalam tim PDKB ini juga membutuhkan kedisiplinan. Karena harus mengedepankan konsep zero accident, patuh pada SOP, keutamaan tim kerja, dan tentunya profesionalisme kerja,” tuturnya.

“Saya berharap para anggota tim untuk selalu profesional, disiplin, dan berdedikasi tinggi dengan berorientasi pada pengabdian terhadap masyarakat,” sambungnya. 

Ditanya tentang aksinya menyentuh kabel bertegangan 20 ribu volt, Muda menyebut hal itu bukan untuk gagah-gagahan. Selain dapat mengetahui langsung kesiapan PLN, ia mengaku semakin paham apa yang dirasakan para petugas PLN di lapangan.
“Bekerja seperti ini tantangannya luar biasa. Sehingga ini benar-benar menjadi pengabdian dan bentuk kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena ini kan memang risikonya cukup tinggi,” sebutnya. 

Muda mengaku perasaannya datar saja saat menyentuh kabel bertegangan. Sebab dirinya merasa yakin dengan niat dan cara yang benar, maka pekerjaan berisiko tinggi dapat dilakukan dengan baik. Terlebih PLN, menurut dia, punya kualitas kesiapan peralatan yang ditunjang sumber daya manusia yang mumpuni.

“Saya yakin sekali dan Alhamdulillah bisa langsung naik ke tegangan 20 ribu volt dan biasa saja. Tidak ada berdebar-debar. Denyut jantungnya tetap sama. Saya berimajinasi sebagai pekerja, yang dipikirkan adalah rumah-rumah warga di kampung akan terang dan membayangkan rakyat bisa menikmati listrik. Nah, kalau itu yang dibayangkan, maka spirit pelayanan akan kuat,” pesannya.

General Manager PLN UIW Kalbar, Agung Murdifi, mengatakan hingga kini PDKB Tegangan Menengah telah diimplementasikan oleh hampir seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan yang ada di Indonesia. Ia mengungkapkan, saat ini PLN UIW Kalimantan Barat memiliki personel PDKB sebanyak 27 orang yang berada di UP3 Singkawang dan UP3 Pontianak.

“Rencananya tahun depan akan kami usulkan pembentukan tim PDKB di UP3 Sanggau," ujarnya.

Agung menuturkan, kebutuhan listrik masyarakat terus meningkat dari waktu ke waktu. Seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat. Kebutuhan listrik bukan  hanya dari sisi kuantitas, tapi lebih pada kualitas pasokan listrik itu sendiri. PLN, menurutnya, menyadari keberadaan listrik saat ini dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Upaya peningkatan kualitas mutu layanan menjadi fokus utama kami. Tim PDKB kami dedikasikan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, sekaligus untuk memastikan agar pelanggan dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman," pungkasnya.

Tim PDKB adalah pasukan elit yang dimiliki PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor, maupun komponen lainnya pada jaringan listrik Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) tanpa memadamkan aliran listrik. Sehingga masyarakat dapat tetap menikmati listrik. (Rio)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,577,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,237,Kab Landak,197,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,63,Olahraga,19,Pariwisata,3,Politik,31,Polri,761,TNI,1246,
ltr
item
borneoterkini: Bupati Menanjak Uji Ketegangan 20.000 Volt
Bupati Menanjak Uji Ketegangan 20.000 Volt
https://1.bp.blogspot.com/-inmecYtkIK4/XgRQ5DJC7ZI/AAAAAAAAGYs/0T-3L64uexwe4Ofw5lo-B20HVYDhoRyswCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20191226-WA0106_640x360.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-inmecYtkIK4/XgRQ5DJC7ZI/AAAAAAAAGYs/0T-3L64uexwe4Ofw5lo-B20HVYDhoRyswCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191226-WA0106_640x360.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2019/12/bupati-menanjak-uji-ketegangan-20000.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2019/12/bupati-menanjak-uji-ketegangan-20000.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy