Cegah Wabah DBD, Polres Landak Fogging Lingkungan Mako dan Asrama


Landak – Guna mencegah berkembangbiaknya wabah penyakit DBD Polres Landak lakukan fogging di lingkungan Polres dan Asrama, Jumat (17/01/2020).

Penyakit demam berdarah dengue atau DBD masih sering ditemukan di Indonesia.

Faktor utama penularan penyakit ini adalah nyamuk spesifik Aedes Aegypti, nyamuk yang memiliki siklus hidup yang dapat bertahan di daerah pedesaan maupun perkotaan.

Aedes Aegypti betina dapat bertelur di tempat basah mana saja, meski sangat kecil.

Mereka dapat ditemukan di tumpukan sampah di perkotaan, ataupun genangan air di pedesaan.

Telurnya juga dapat bertahan di tempat yang kering dalam jangka waktu yang panjang, bahkan hingga satu tahun dan menetas saat terendam kembali dalam air.

Walau bukan metode pencegahan utama, fogging adalah salah satu cara yang masih dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes Aegypti dewasa.

Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun.

Fogging merupakan salah satu kegiatan yang  dilakukan di Polres Landak, terutama di lingkungan kerja dan pemukiman asrama yang dianggap rawan dapat menyebarkan virus DBD.

Fogging adalah sebuah teknik pengendalian faktor penyakit, khususnya nyamuk, dengan membunuh nyamuk dewasa dan anaknya (jentik-jentik) menggunakan racun serangga.

Mesin fogging akan memompa dan menyemburkan racun serangga tersebut dengan cara disemprotkan.

Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro  S.I.K. menjelaskan bahwa untuk menghindari serangan DBD, dapat dilakukan tiga hal atau 3M, yaitu menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air, seperti bak mandi, ember, menutup rapat tempat-tempat yang dapat menampung air, seperti kendi, vas, toren air, serta mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

Selain itu juga dilakukan fogging ini juga berguna untuk menghindarai wabah DBD di lingkungan Polres Landak.

"Fogging yang kami lakukan ini adalah bertujuan untuk menekan dan meminimalisir angka dari pada penyakit DBD yang disebabkan oleh kembang biaknya nyamuk, hal ini dilatarbelakangi karena nyamuk itu dapat dengan cepat berkembang biak apa lagi di musim seperti ini, dan ditambah lagi dengan wilayah yang baru saja terendam banjir seperti asrama Polsek Ngabang," jelas Kapolres.

"Ya harapannya semoga kita semua yang sehari harinya melakukan Rutinitas disini dapat terhindar dari penyakit DBD serta dapat menekan tingginya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini," harapnya.

Penulis : Wahyu
Editor : Rizki M.T

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,258,Kab Landak,217,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,53,Polri,765,TNI,1289,
ltr
item
borneoterkini: Cegah Wabah DBD, Polres Landak Fogging Lingkungan Mako dan Asrama
Cegah Wabah DBD, Polres Landak Fogging Lingkungan Mako dan Asrama
https://1.bp.blogspot.com/-PTjYkK7e5go/XiHmZQt1isI/AAAAAAAAKKA/YKPgcxUnsCUP9VCzKUTDYUZ-NIOBsRGbwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200117-WA0055.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PTjYkK7e5go/XiHmZQt1isI/AAAAAAAAKKA/YKPgcxUnsCUP9VCzKUTDYUZ-NIOBsRGbwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200117-WA0055.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/01/cegah-wabah-dbd-polres-landak-fogging.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/01/cegah-wabah-dbd-polres-landak-fogging.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy