Pushidrosal TNI AL Tingkatkan Peran Serta Pada Regional Eahc Dalam Bidang Riset Dan Kapasitas Kelembagaan


TOKYO - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) meningkatkan peran sertanya  pada regional East Asia Hydrographic Commission (EAHC) dalam pertemuan Training, Research and Development Centre - Board of Directors Meeting  (TRDC-BOD) EAHC yang berlangsung di Tokyo, Jepang, 3-4 Februari 2020.

TRDC-BOD merupakan kelompok kerja dibawah EAHC yang bertugas melaksanakan riset dan training dan pengembangannya dalam rangka pembangunan kapasitas lembaga hidrografi di Kawasan Asia Timur yang mengacu kepada standar yang telah ditetapkan oleh IHO.

Kehadiran Indonesia pada TRDC–BoD ini dipimpin langsung oleh Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos.,S.H., M.H,  yang didampingi oleh Dirpamkersamtas Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono yang sekaligus sebagai Vice Chair TRDC BOD, Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana. P, dan Letkol Laut (KH) Moh. Qisthi Amarona yang merupakan anggota resmi TRDC-BOD.

 Menurut Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos.,S.H., M.H,   Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional senantiasa dituntut untuk terus berperan aktif dalam meningkatkan kemampuannya di bidang survei hidrografi dan kartografi sehingga mampu menghadapi tantangan masa depan khususnya kemajuan teknologi hidrografi dan kartografi yang terus berkembang secara pesat. Perubahan yang memerlukan perhatian secara khusus terutama terkait dengan beberapa perubahan besar dari kriteria teknis peta elektronik (Electronic Navigational Chart/ ENC) sebagaimana mandat organisasi IHO yaitu untuk menuju kepada migrasi dari S-57 menuju S-100 standards.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh negara anggota EAHC, yaitu Jepang sebagai tuan rumah (dalam hal ini Japan Hydrographic Department of Japan Coast Guard), Brunei Darussalam, China, Filipina, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Selain itu turut hadir perwakilan negara di luar  keanggotaan EAHC yaitu Inggris dan Vietnam (Observer).

Kegiatan awal dibuka dengan review dari pertemuan sebelumnya oleh Vice Chair (TRDC-BOD) Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono yang dilanjutkan dengan laporan dari pertemuan-pertemuan di IHO yang terkait dengan kebijakan pembangunan kapasitas hidrografi dan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TRDC-BOD sampai dengan Tahun 2019 diantaranya Technical Visit to Cambodia oleh JHOD Jepang dan Pushidrosal Indonesia sebagai Chair dan Vice Chair EAHC dan penyelenggaraan Training on Maritime Safety Information (MSI) Course yang telah dilaksanakan di Pushidrosal pada Bulan September 2019 yang merupakan salah satu agenda kegiatan EAHC dan diikuti oleh 12 negara peserta termasuk Palau dan Marshall Island yang juga merupakan negara yang berada pada  NAVAREA XI meskipun bukan negara anghota EAHC.

Sebelumnya Pushidrosal tercatat telah menyelenggarakan pelatihan-pelatihan EAHC yaitu diantaranya mengenai ENC Production tahun 2010, Maritime Delimitation tahun 2014, Seabed Classification tahun 2015, Hydrographic Survey for Disaster Management and Relief tahun 2017, dan GNSS for tide correction tahun 2018.

Salah satu agenda penting dari kegiatan TRDC-BOD ini adalah menetapkan strategi dan rencana kegiatan Capacity Building Hidrografi dan Kartografi di level Asia Timur (EAHC) dalam waktu lima Tahun ke depan menghadapi kebutuhan dan tantangan kemajuan teknologi seperti issue MSDI dan S-100 serta mandat IMO untuk e-navigation dengan keterbatasan anggaran Capacity Building yang tersedia sebagai bagian dari program IHO. (Kadisinfolahta)



COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,563,Foto Dan Video,1,Hobi Mancing,5,Internasional,5,Kab Kubu Raya,112,Kab Landak,141,Kab Sintang,68,Kuliner,1,Nasional,56,Olahraga,18,Pariwisata,3,Politik,11,Polri,662,TNI,954,
ltr
item
borneoterkini: Pushidrosal TNI AL Tingkatkan Peran Serta Pada Regional Eahc Dalam Bidang Riset Dan Kapasitas Kelembagaan
Pushidrosal TNI AL Tingkatkan Peran Serta Pada Regional Eahc Dalam Bidang Riset Dan Kapasitas Kelembagaan
https://1.bp.blogspot.com/-A-296w0b_cA/XkCFyjAGrQI/AAAAAAAAGrc/_y42GQKO_qosoiHCfzChLH-lzhnM4k95wCLcBGAsYHQ/s640/eahc%2Btokyo.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-A-296w0b_cA/XkCFyjAGrQI/AAAAAAAAGrc/_y42GQKO_qosoiHCfzChLH-lzhnM4k95wCLcBGAsYHQ/s72-c/eahc%2Btokyo.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/02/pushidrosal-tni-al-tingkatkan-peran.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/02/pushidrosal-tni-al-tingkatkan-peran.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy