Pemkab Gelar Lomba Azan-Qiraah Jarak Jauh


PROKOPIM KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar lomba azan, baca Quran, dan menulis-membacakan untuk pelajar se-Kabupaten Kubu Raya. Mengikuti protokol kesehatan, lomba akan dilaksanakan tanpa pertemuan fisik. Yakni dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi berupa video rekaman dan foto. Kegiatan lomba dilakukan dari kediaman masing-masing peserta. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, lomba diadakan untuk menciptakan kegiatan produktif di masa belajar dari rumah. Penyerahan video dilakukan mulai 12 April hingga 30 April 2020 mendatang untuk diseleksi oleh dewan juri.
“Jadi tetap terjaga jarak dan tidak ada kerumunan. Karena cukup direkam video memakai HP atau handycam saat melantunkan azan, baca Quran, membacakan surat yang harus ditulis tangan sendiri,” tutur Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa (7/4).

Muda menerangkan, untuk lomba menulis surat, peserta cukup memotretkan isi surat. Di mana di dalamnya tertulis ide-ide sederhana dari anak untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona.

“Suratnya maksimal dua halaman buku tulis. Nantinya kita akan berkomunikasi langsung dengan anak-anak peserta lomba yang telah mengirimkan hasil videonya ke panitia melalui konferensi video dengan aplikasi Zoom secara bersama. Waktunya akan diatur oleh panitia,” ujarnya.

Kepada semua orang tua, wali murid, dan kepala sekolah serta guru, Muda meminta untuk mendorong dan membimbing anak-anak mengikuti lomba. Bagi kepala sekolah dan guru, aktivitas itu dapat dilakukan melalui kontak telepon atau WhatsApp. Sehingga tidak terjadi pertemuan secara fisik dengan siswa.

“Nanti untuk yang video bisa diambil oleh keluarga inti seperti orang tua dan saudara. Yang penting anak-anak bersiap dulu latihan,” ajaknya.

Muda menilai keikutsertaan anak pada kegiatan lomba dapat mengeksplorasi bakat dan potensi yang ada. Menurutnya, lomba adalah kegiatan produktif yang melibatkan partisipasi semua anggota keluarga inti. Diharapkan akan membawa semangat bersama untuk tetap optimistis menjalani masa sulit wabah virus corona.

“Semua ini tetap harus dilewati dengan penuh semangat, kesabaran, kerendahan hati, dan berpikiran besar serta selalu berikhtiar menjadi bagian dari solusi demi membawa kebahagiaan untuk orang banyak di daerah dan republik tercinta ini,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan, peserta lomba azan dan baca Quran dipersyaratkan belum pernah mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kabupaten. Panitia akan mencari pemenang satu sampai harapan tiga di semua kategori, mulai SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Lomba azan diperuntukkan bagi siswa laki-laki dan lomba baca surah pendek Alquran untuk siswa perempuan. Adapun lomba menulis-membacakan surat untuk siswa dan siswi.

“Teknis perekaman atau pengambilan video melalui telepon seluler atau handycam agar menampakkan wajah dari arah depan berjarak minimal 2,5 meter. Supaya terlihat wajah dan suara terlihat dan terdengar jelas,” jelasnya. 

Yusran mengatakan semua peserta yang telah menyelesaikan video rekaman dan foto dapat langsung menghubungi panitia, yakni Ustaz Nasutiun Usman di nomor telepon 085390583421 dan Edi Mudianto di 081290104034 untuk penyerahan rekaman dokumentasi.

“Hadiah bagi pemenang berupa buku tabungan langsung atas nama para pemenang masing-masing yang akan diantarkan langsung ke rumah pemenang oleh panitia bersama camat dan kades setempat,” terangnya. (Rio)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,571,Foto Dan Video,1,Hobi Mancing,5,Internasional,6,Kab Kubu Raya,198,Kab Landak,173,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,59,Olahraga,18,Pariwisata,3,Politik,11,Polri,733,TNI,1170,
ltr
item
borneoterkini: Pemkab Gelar Lomba Azan-Qiraah Jarak Jauh
Pemkab Gelar Lomba Azan-Qiraah Jarak Jauh
https://1.bp.blogspot.com/-J5-VPS-1tx4/Xo1MJ3tbj3I/AAAAAAAAHPo/MVwWLqM_H7cu43cMk62bLjOdQf_IKUI-QCLcBGAsYHQ/s640/WhatsApp%2BImage%2B2020-04-07%2Bat%2B22.53.19.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-J5-VPS-1tx4/Xo1MJ3tbj3I/AAAAAAAAHPo/MVwWLqM_H7cu43cMk62bLjOdQf_IKUI-QCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-04-07%2Bat%2B22.53.19.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/04/pemkab-gelar-lomba-azan-qiraah-jarak.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/04/pemkab-gelar-lomba-azan-qiraah-jarak.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy