Program Salju Terpadu, Kubu Raya Masuk Nominasi Juara PPD Nasional 2020



PROKOPIM KUBU RAYA – Kabupaten Kubu Raya sukses masuk sepuluh besar ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020. Perhelatan bergengsi ini digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia. Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan evaluasi pembangunan daerah secara kreatif dan komprehensif dengan tiga tahap utama yaitu penilaian dokumen, presentasi dan wawancara, dan verifikasi serta kunjungan lapangan. Dari daftar kabupaten dan kota yang masuk sepuluh besar, tercatat nama Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak dari Kalimantan Barat. Pengumuman pemenang PPD 2020 akan dilakukan pada rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2020 di Jakarta, Kamis (30/4).

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi kerja keras semua pihak terutama jajaran dinas kesehatan khususnya tenaga medis dan kader-kader kesehatan di lapangan. Menurutnya, para tenaga medis dan kader kesehatan telah berjibaku bersama aparat desa di seluruh pelosok.
"Dengan sistem 'kepung bakul' mengejar percepatan capaian Standar Pelayanan Minimal kesehatan, baik kesehatan ibu dan anak dalam penurunan AKI AKB serta stunting, maupun penurunan penderita penyakit menular dan tidak menular dengan kinerja terukur dan pelayanan maksimal tanpa biaya," tuturnya.

Muda berterima kasih kepada semua dokter, perawat, bidan, dan tenaga medis lainnya. Termasuk kepada aparat desa, kader kesehatan desa, dan semua elemen lainnya.

"Warga Kubu Raya patut bangga dengan keberhasilan program yang nyata dirasakan masyarakat di seluruh pelosok kampung ini. Terima kasih ya Allah," ucapnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kubu Raya Amini Maros mengatakan, keberhasilan Kubu Raya masuk nominasi juara PPD 2020 tak lepas dari program pelayanan kesehatan Selasa-Jumat (Salju) Terpadu. Program inovasi yang diluncurkan Bupati Muda Mahendrawan pada medio 2019 lalu itu mengantarkan Kubu Raya masuk dalam sepuluh besar tingkat nasional pada kategori kabupaten, dari 416 kabupaten di Indonesia. Amini Maros menjelaskan, program Salju Terpadu menjadi fokus penilaian dari pemerintah pusat sebab dinilai sebagai program yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Program ini menjadi upaya mempercepat target 12 indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam menurunkan angka kematian ibu dan balita (AKI-AKB) serta stunting. Karena bersifat proaktif yakni langsung menyasar rumah tangga-rumah tangga warga.

“Sesuai dengan namanya ‘Salju’, ini merupakan pelayanan Selasa dan Jumat di mana untuk hari Selasa para bidan bertugas memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak yang meliputi pelayanan ibu hamil, anak dalam kandungan, dan pemberian nutrisi pada seribu Hari Pertama Kehidupan atau HPK.  Adapun di hari Jumat perangkat desa dan petugas puskesmas akan mengunjungi rumah warga untuk pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan penyakit menular dan tidak menular,” jelas Maros di ruang kerjanya, Rabu (29/4).

Maros menerangkan, untuk mendukung program Salju Terpadu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan insentif kepada petugas kesehatan dan fasilitas kendaraan roda dua untuk operasional petugas di 20 puskesmas di 9 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Selain insentif dan kendaraan operasional, pemerintah kabupaten juga mengadakan alat ultrasonografi (USG) portabel untuk seluruh puskesmas.

“Untuk menurunkan dan menekan AKI-AKB ini, Pemkab Kubu Raya juga memberikan alat ultrasonografi (USG) melalui APBD Perubahan Tahun 2019 kepada seluruh puskesmas di sembilan kecamatan,” terang Maros.

Maros mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat komit pada upaya mengatasi AKI, AKB, dan stunting di Kubu Raya. Sebab terjadinya kesemua hal itu akan menjadi potret kegagalan pemerintah daerah.

“Saya masih ingat pesan bupati, jika kita membiarkan kasus stunting, AKI, dan AKB, berarti kita telah membunuh dan menyengsarakan anak yang masih dalam kandungan ibunya. Artinya sebagai pemimpin kita dituntut untuk bertanggung jawab dan jika terhadap kondisi ini dilakukan pembiaran, maka kita akan berdosa di hadapan Allah Taala. Ucapan inilah yang membuat kami bersemangat bergerak menurunkan kasus ini,” ucapnya.

Lebih jauh Maros menjelaskan, selain program Salju Terpadu, dalam penilaian PPD 2020 pemerintah pusat juga melihat dokumen perencanaan yang akan dilakukan. Mulai dari keselarasan antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten dengan RPJMD Provinsi dan RPJM Nasional. Selain itu juga kesinergisan antara Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kubu Raya dengan RKPD Provinsi dan RKP Pusat. 

“Setelah penilaian sepuluh besar, insya Allah Kamis 30 April Bappenas akan menjaring kembali untuk menentukan tiga besar. Kita berdoa saja semoga Kubu Raya mampu meraih peringkat pertama,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan bersyukur Kabupaten Kubu Raya mampu bersaing dengan ratusan kabupaten lainnya dalam penilaian PPD 2020. Dirinya berterima kasih kepada bupati, wakil bupati, dan sekretaris daerah yang dinilai sangat mendukung program Salju Terpadu. Menurutnya, kehadiran Salju Terpadu dapat memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang optimal. Karena dengan kunjungan proaktif setiap Selasa dan Jumat, pihaknya mampu menekan dan menurunkan angka kasus AKI-AKB dan stunting. Terlebih dengan dukungan fasilitas kendaraan operasional petugas kesehatan puskesmas.

“Di masa pandemi virus corona ini, dengan adanya motor operasional kami yakin dan mampu meminimalkan penyebaran wabah ini dengan melakukan pemantauan secara berkala terkait daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sehingga kita bisa menekan adanya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di daerah ini. Kondisi ini bukan karena kebetulan, tapi mungkin Allah Taala ingin menunjukan kalau program inovasi pak bupati ini hadir untuk menangani Covid-19 atau virus corona," sebutnya.
Marijan menegaskan, program Salju Terpadu terasa semakin kontekstual dengan kondisi pandemi virus corona saat ini. Di mana tenaga kesehatan telah terlatih untuk melakukan aktivitas di lapangan bersama unsur terkait lainnya.

"Jadi tidak perlu panik karena kami sudah terbiasa melakukan langkah-langkah terpadu di lapangan bersama kader-kader kesehatan, aparat desa, dan TNI/Polri. Sehingga koordinasinya sudah terbentuk sebelumnya dan di saat ada kondisi pandemi saat ini segala sesuatunya bisa lebih cepat dan inisiatifnya juga bergerak spontan serta sigap di lapangan," tegasnya.

Adapun sepuluh kabupaten yang berhasil masuk sepuluh besar PPD 2020 yakni Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Kabupaten Bangka Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Klungkung Bali, Kabupaten Musi Rawas Selatan, Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Kabupaten Samosir Sumatera Utara, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Sulawesi Utara, Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat, dan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. (Rio)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,257,Kab Landak,217,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,53,Polri,765,TNI,1285,
ltr
item
borneoterkini: Program Salju Terpadu, Kubu Raya Masuk Nominasi Juara PPD Nasional 2020
Program Salju Terpadu, Kubu Raya Masuk Nominasi Juara PPD Nasional 2020
https://1.bp.blogspot.com/-B2UDAihExq8/Xqo6zjPDsgI/AAAAAAAAHXg/H5NLWlSE1K0s0IvOKfm0pljJl3BHztEtACLcBGAsYHQ/s640/WhatsApp%2BImage%2B2020-04-30%2Bat%2B09.27.35.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-B2UDAihExq8/Xqo6zjPDsgI/AAAAAAAAHXg/H5NLWlSE1K0s0IvOKfm0pljJl3BHztEtACLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-04-30%2Bat%2B09.27.35.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/04/program-salju-terpadu-kubu-raya-masuk.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/04/program-salju-terpadu-kubu-raya-masuk.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy