Pemkab Terus Distribusikan Masker Kain


PROKOPIM KUBU RAYA – Mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus mendistribusikan masker kain kepada masyarakat.

Kali ini pembagian masker berlangsung di dua titik lokasi, yakni Kecamatan Sungai Ambawang dan Kecamatan Sungai Raya. Pembagian masker dipimpin langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Sekretaris Daerah Yusran Anizam dan sejumlah pejabat pemerintah kabupaten.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda. Pembagian masker di Kecamatan Sungai Ambawang dipusatkan di areal Tugu Alianyang. Baik dari arah kota maupun luar kota. Setelah itu pembagian masker dilanjutkan ke wilayah Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya.

Bupati Muda Mahendrawan mengungkapkan, hingga kini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah membagikan lebih dari 70 ribu masker di berbagai kecamatan. Pembagian dilakukan secara bertahap dan simultan.

“Pembagian masker ini sudah terus-menerus dilakukan,” ujarnya seusai kegiatan.

Ia menerangkan, tahapan pertama dalam proses penanganan pandemi Covid-19 adalah pencegahan. Salah satunya melalui penggunaan alat pelindung diri (APD) di antaranya berupa masker. Hal ini sama dengan APD tenaga medis.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini adalah (peran) masyarakat, terutama menjalani aturan seperti menggunakan masker saat keluar rumah,” jelasnya.

Muda menerangkan, saat ini para tenaga medis bekerja keras memantau dan merawat mereka yang terindikasi terinfeksi Covid-19. Karena itu, agar tidak menambah beban kerja tenaga medis, masyarakat wajib mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah yakni menggunakan masker saat bepergian.

“Masker ini paling tidak mencegah sekaligus membuat kita tidak mudah panik. Makanya kita sejak awal dari pertengahan Maret telah mengusung dan mendeklarasikan penggunaan masker kain dan meminta para penjahit lokal untuk membuatnya,” tuturnya.

Muda menambahkan, selain untuk membantu masyarakat memiliki masker, kegiatan pembagian masker kain sekaligus menjadi upaya sosialisasi akan kewajiban penggunaan masker.

“Ini dilakukan supaya mereka tahu alat pelindung diri berupa masker untuk masyarakat. Kalau masyarakat memilih masker bedah, tentu akan kesulitan untuk mencarinya. Mudah-mudahan dengan cara tersebut bisa memutus mata rantai wabah dan menghilangkankan kepanikan akan ketiadaan masker,” harapnya.

Muda menyatakan pembagian masker akan terus dilakukan hingga kebutuhan masyarakat terpenuhi. Selain terkait konteks pandemi, masker menurutnya akan tetap berguna untuk seterusnya ke depan.

“Tidak hanya untuk pandemi, tetapi nantinya masker ini bisa untuk antisipasi adanya karhutla dan untuk kebiasaan sehari-hari demi menghindari risiko kuman bagi anak-anak terutama di sekolah. Rencana kita ini akan terus dibagikan,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan pembagian masker menjadi momentum edukasi kepada warga akan pentingnya memakai masker. Terutama dalam usaha menghindari penularan Covid-19. Ia berharap lambat laun memakai masker dapat menjadi budaya masyarakat.

“Sudah sekitar 70 ribuan masker ini diproduksi masyarakat kita baik melalui koperasi konveksi maupun penjahit mandiri. Dan ini dibeli menggunakan potongan dari sebagian penghasilan ASN Kubu Raya,” tuturnya.

Yusran tak lupa berterima kasih kepada  para relawan yang terlibat dalam kegiatan pembagian masker. Menurutnya para relawan telah berperan dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. (sul)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,258,Kab Landak,217,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,53,Polri,765,TNI,1289,
ltr
item
borneoterkini: Pemkab Terus Distribusikan Masker Kain
Pemkab Terus Distribusikan Masker Kain
https://1.bp.blogspot.com/-t8_1D3AFHaw/XrpZ-chEjAI/AAAAAAAAHc0/IrOhld9yXuQrDZ7HlOpwvq3ZiFKSnPplgCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200511-WA0003_640x426.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-t8_1D3AFHaw/XrpZ-chEjAI/AAAAAAAAHc0/IrOhld9yXuQrDZ7HlOpwvq3ZiFKSnPplgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200511-WA0003_640x426.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/05/pemkab-terus-distribusikan-masker-kain.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/05/pemkab-terus-distribusikan-masker-kain.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy