Ambil Sumpah PNS, Muda: Jabatan Bukan Tujuan


PROKOPIM KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengingatkan para PNS Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk terus profesional. PNS harus sangat fokus dengan apa yang menjadi tanggung jawabnya. Meskipun tidak semua berasal dari Kubu Raya, PNS Kubu Raya diminta untuk tahu tentang Kubu Raya.

“Jangan sampai tidak paham Kubu Raya. Karena itu akan menunjukkan kita PNS yang sekadar-sekadar. Jangan jadi PNS yang sekadar-sekadar, tapi jadilah PNS sejati,” ujarnya saat mengambil sumpah PNS Formasi Tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Senin (22/6).

Pengambilan sumpah di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya diikuti Formasi CPNS 2018 yang berjumlah 148 orang, yang telah mengikuti latihan dasar dalam empat angkatan. Dari jumlah tersebut terdapat satu orang PNS formasi guru yang meninggal dunia dan satu orang tenaga dokter gigi yang mengundurkan diri.
Muda meminta PNS untuk fokus pada pekerjaan. Menikmati rangkaian proses pekerjaan, alih-alih banyak mengeluh. Menurutnya, PNS harus menjadi pihak yang menampung keluhan masyarakat. Bukan malah sebaliknya mengeluh kepada masyarakat.

“Kencangkan pikiran kita, fokus kepada apa yang dikerjakan. Nikmati betul prosesnya, jangan sampai terlalu banyak mengeluh. Sedikit-sedikit curhat. Tidak layak kalau PNS itu curhat sama rakyat. Rakyat yang seharusnya curhat sama PNS. Kecuali kalau hanya ingin diskusi, silakan yang produktif,” tuturnya.

Ia mengingatkan jabatan adalah akibat dan bukan tujuan. Karena itu setiap PNS harus fokus pada proses kerja. Melakukan secara maksimal dengan semua potensi terbaik yang ada. Sebab menurutnya penilaian yang lebih penting adalah penilaian dari masyarakat, bukan sekadar penilaian atasan.

“Penilaian publik jauh lebih penting karena apa? Karena nanti dengan sendirinya orang akan melihat kinerja dan perilaku kita. Apalagi di era sekarang ini yang segala sesuatunya mudah terkonfirmasi. Jabatan itu akan datang sendiri dan dijalani sendiri,” ucapnya.

Dia mengatakan PNS harus punya ambisi. Karena ambisi menjadi penyemangat khususnya dalam konteks tugas pokok dan fungsi seorang PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Di mana PNS menjalankan kepercayaan dari negara.

“Yang tidak boleh itu ambisius. Siapapun manusia harus ambisi. Karena apa? Karena itulah semangat kita. Ambisi untuk menjalankan apa yang dipercaya negara kepada kita karena menjadi PNS itu bentuk kepercayaan negara. Nah, jaga kepercayaan itu dan nanti jabatan dengan sendirinya akan menghampiri,” pesannya.

“Saya ingatkan agar PNS harus semangat. Kalau kita loyo masyarakat akan lebih loyo lagi. Kalau kita semangat, masyarakat akan terus optimistis dan semangat juga,” tambahnya.

Muda menegaskan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya hadir untuk memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat Kubu Raya. Karena itu yang diurus oleh pemerintah daerah adalah seluruh rumah tangga yang ada. Yakni mengurus dengan cara memberikan peluang-peluang peluang kepada rakyat dengan tujuan akhir memberikan kebahagiaan.

“Itulah kira-kira gambaran sederhana supaya tidak rumit memahami tujuan kehadiran seorang PNS. Bahwa PNS itu hadir untuk memperkuat kehidupan rakyat, menjadikannya lebih baik di sektor apapun terutama di sektor-sektor yang mendasar,” jelasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kubu Raya, M. Noh Syaiman, mengatakan sebanyak 146 PNS yang diambil sumpah terdiri atas 89 orang formasi guru, 33 orang formasi kesehatan, dan 24 orang formasi teknis.
.
“Dari jumlah tersebut terdapat satu orang PNS formasi guru yang meninggal dunia dan satu orang tenaga dokter gigi yang mengundurkan diri,” terangnya. (rio)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,579,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,286,Kab Landak,236,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,71,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,66,Polri,777,TNI,1346,
ltr
item
borneoterkini: Ambil Sumpah PNS, Muda: Jabatan Bukan Tujuan
Ambil Sumpah PNS, Muda: Jabatan Bukan Tujuan
https://1.bp.blogspot.com/-j7RLdB-UCFg/XvWoAdLcXEI/AAAAAAAAH48/uHkEqzElcJU7iSfeLA6OFUtNXtnfao-AwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200625-WA0050_800x533.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-j7RLdB-UCFg/XvWoAdLcXEI/AAAAAAAAH48/uHkEqzElcJU7iSfeLA6OFUtNXtnfao-AwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200625-WA0050_800x533.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/06/ambil-sumpah-pns-muda-jabatan-bukan.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/06/ambil-sumpah-pns-muda-jabatan-bukan.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy