Parit Baru Kampung Mandiri Tangguh di Kubu Raya

PROKOPIM KUBU RAYA – Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, resmi menjadi Kampung Mandiri Tangguh.

Penetapan Parit Baru dan 7.023 desa lainnya se-Indonesia sebagai Kampung Mandiri Tangguh dilakukan secara serentak oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melalui konferensi video.

Peresmiannya dilaksanakan serentak oleh polda-polda di seluruh Indonesia. Peresmian Kampung Mandiri Tangguh Kepung Bakul Khatulistiwa Desa Parit Baru sendiri dilakukan langsung Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Remigius Sigid Tri Tjahjanto didampingi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Turut hadir pada peresmian itu Wakil Kepala Polda Imam Sugianto, Komandan Kodim 1207/BS Jajang Kurniawan, dan Kapolres Kubu Raya Yani Permana.

Kampung Mandiri Tangguh merupakan gawai bersama Polri dan TNI yang bertujuan mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan di tengah pandemi. Program ini menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo agar jajaran Polri dan TNI ikut berperan dalam menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19.

Kapolda Kalimantan Barat Remigius Sigid melalui Kepala  Bidang Humas Polda Kalbar, Komisaris Besar Donny Charles Go, menerangkan kampung tangguh nusantara merupakan program dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia yang diharapkan menjadi pilot project atau percontohan di setiap kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Polda Kalbar diperintahkan untuk memilih satu desa yang dijadikan percontohan yakni di masing-masing kabupaten/kota.

 “Kriteria dari sebuah kampung tangguh nusantara ini meliputi kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, memiliki swadaya pengembangan varian komoditas ketahanan pangan, memiliki pelayanan kesehatan yang memadai, dan tingkat keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif,” jelas Donny seusai kegiatan.


Ia menyebutkan sejumlah bidang ketangguhan di kampung mandiri tangguh. Mulai dari tangguh kamtibmas, sumber daya manusia, kesehatan, sarana prasarana, dan logistik. Di mana jika terjadi sesuatu, maka desa bisa mandiri mengatasinya.

“Kita tahu permasalahan Covid-19 sangat mengganggu ekonomi masyarakat. Maka ketahanan pangan menjadi salah satu cara memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kalimantan Barat,” tuturnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi terpilihnya Desa Parit Baru sebagai Kampung Mandiri Tangguh. Namun yang terpenting menurutnya adalah semangat masyarakat harus tetap terjaga dengan baik. Sehingga kampung-kampung yang lainnya juga bisa menjadikan predikat kampung mandiri tangguh tersebut sebagai percontohan. Agar ke depannya dapat terwujud ketangguhan-ketangguhan di semua desa di Kubu Raya.

“Sehingga dengan adanya desa atau kampung mandiri tangguh dengan semboyan ‘Kepung Bakul Khatulistiwa’ ini, tentu merupakan satu langkah untuk membuat masyarakat selalu produktif dan semuanya bisa hidup tenang serta bahagia meskipun di masa pandemi Covid-19 saat ini. Mandiri desa, mandiri Indonesia. Tangguh desa-desa, tangguhlah Indonesia,” sebutnya.

Lebih jauh Muda mengungkapkan sebagai ibu kota Kecamatan Sungai Raya, Desa Parit Baru memiliki jumlah penduduk terbanyak di Kubu Raya. Tersebar di 5 dusun, 102 RT, dan 17 ribu rumah tangga, Parit Baru heterogen dengan ragam etnis dan budaya. Hal itu menjadikan Parit Baru tangguh dalam relasi sosial, budaya, dan ekonomi. Selain itu Parit Baru juga mempunyai potensi pertanian, perkebunan, dan perikanan yang cukup besar. Ditambah keberadaan pasar yang beragam dan partisipasi warga yang tinggi.

“Karena dari hulu ke hilirnya semuanya melakukan sistem ‘kepung bakul’ yang memang digaungkan di Kubu Raya. Tujuannya agar semuanya ikut bergerak secara spontan dan cepat dengan kesadaran masing-masing. Bahkan pada saat pandemi, semua warga ikut berjibaku melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga,” tuturnya.

Kepala Desa Parit Baru Musa Abdul Hamid mengatakan terpilihnya Parit Baru sebagai Kampung Mandiri Tangguh setelah mendapatkan penilaian dari berbagai aspek. Hal itu melalui koordinasi jajaran Polres Kubu Raya dengan Gubernur Kalimantan Barat. Penilaian yang dimaksud yakni terhadap sejumlah aspek seperti ekonomi, budaya, keamanan, dan sebagainya. Termasuk penilaian bahwa Desa Parit Baru mampu menekan penyebaran Covid-19 dengan kegiatan penyemproran disinfektan oleh seluruh warga, atau yang kerap disebut sistem gotong royong “kepung bakul”.

“Dengan penilaian itu maka Kapolres Kubu Raya menetapkan Desa Parit Baru sebagai Kampung Mandiri Tangguh. Makanya pada launching ini kita namakan Kampung Mandiri Tangguh Kepung Bakul Khatulistiwa,” ujarnya.

Peluncuran kampung mandiri tangguh diwarnai kegiatan penyerahan bantuan tali asih dari Kapolda Kalbar kepada warga kurang mampu di Desa Parit Baru. (Rio)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,258,Kab Landak,217,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,53,Polri,765,TNI,1289,
ltr
item
borneoterkini: Parit Baru Kampung Mandiri Tangguh di Kubu Raya
Parit Baru Kampung Mandiri Tangguh di Kubu Raya
https://1.bp.blogspot.com/-lW8k3ne5JJE/XwhNJHKjERI/AAAAAAAAH7s/NK-oP2MoelU0DhTnm7C40Nq9-Wozz86QQCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200710-WA0030_800x533.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lW8k3ne5JJE/XwhNJHKjERI/AAAAAAAAH7s/NK-oP2MoelU0DhTnm7C40Nq9-Wozz86QQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200710-WA0030_800x533.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/07/parit-baru-kampung-mandiri-tangguh-di.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/07/parit-baru-kampung-mandiri-tangguh-di.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy