Partai Gelora Gelar Pelatihan Desain Grafis Melalui Power Point

JAKARTA - Power Point, salah satu aplikasi Microsoft di Windows yang selama ini dikenal untuk presentasi, ternyata bisa digunakan untuk desain grafis. Cara penggunaannya pun lebih mudah dan hasilya lebih bagus dibandingkan menggunakan aplikasi _Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw_ atau aplikasi desain sejenisnya.


Untuk itu, Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia mengadakan pelatihan *Creative Desain Melalui Power Point* dengan narasumber Fajri dari Komunitas Desain Bengkel Slide belum lama ini.  


Pelatihan yang digelar melalui aplikasi Zoom tersebut diikuti lebih dari 500 orang yang menjadi peserta, baik itu kader Partai Gelora, mahasiswa dan umum.


Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gelora Indonesia bidang Inovasi, Budaya dan Organisasi Endy Kurniawan mengatakan, melalui pelatihan ini, Partai Gelora ingin menunjukkan akselerasi bagus dengan penggunaan Power Point untuk desain, yang selama ini diketahui publik hanya sebagai bahan untuk presentasi saja.


"Jadi Power Point itu,  bukan untuk presentasi saja, tapi bisa juga desain grafis. Hanya butuh waktu 10 menit, hasilnya sama bagusnya dengan kita menggunakan Photoshop. Nah, Partai Gelora ingin memberikan benefit bagi yang kebanyakan di rumah untuk meningkatkan pendapatannya," kata Endy dalam keterangannya, Minggu (20/9/2020).


Endy menegaskan,  pelatihan 'Creative Desain Melalui Power Point' ini bagian dari inovasi Partai Gelora dalam memberikan solusi atau manfaat  kepada masyarakat untuk meningkatkan sebagian besar  pendapatannya yang  terpuruk akibat pandemi Covid-19.


"Pertama kita sudah buat pelatihan dasar untuk memproduksi konten visual, cara menjadi Youtuber.  Kedua pelatihan ‘Mastering Youtube#2 , Edit Video Datangkan Uang’ dan yang ketiga soal Power Point. Kita akan adakan pelatihan selanjutnya dengan tema-tema yang lebih menarik," tegas Endy.


Fajri, dari Bengkel Slide mengatakan, Power Point sangat mudah dipelajari dibandingkan aplikasi desain yang ada. Bengkel Slide (BS), lanjutnya, membuka diri kepada siapa saja untuk belajar secara online di Instagram.  


"Di Instagram  kita belajar bersama. Bengkel Slide telah membuat banyak contoh presentasi dan desain Power Point yang kita buat. Kami juga membuat tutorialnya dan membuka kesempatan untuk berkolaborasi untuk desain," kata Fajri.


Menurut dia, Bengkel Slide juga telah membuat kelas 'Mastering Power Point' sebanyak 29 kali dengan jumlah alumni sebanyak 879 orang yang  tersebar di berbagai daerah. 


"Saya biasa pakai Photoshop, Illustrator atau Corel Draw. Tapi dengan Power Point bisa melakukan banyak hal, saya putuskan uninstal semuanya dan fokus ke Power Point," katanya. 


Fajri menegaskan, Power Point sudah menjadi jalan hidupnya sehingga dia memutuskan meninggalkan pekerjaannya di kantoran dengan gaji yang cukup tinggi, beralih menjadi freelancer desain grafis.


"Nggak penting profesinya, Power Point harus menjadi jalan hidup dan fokus secara konsisten. Power Point itu lebih _powerfull_ dari Photoshop, bisa untuk desain apa saja, bisa buat desain brosur, spanduk, desain lainnya. Apa saja bisa dilakukan dengan Power Point, keahliannya sangat dibutuhkan banyak orang," katanya.


Meskipun sangat mudah dalam pengoperasian dan hasil desainnya tak kalah degan Photoshop, kata Fajri, kemampuan untuk desain grafis dengan menggunakan Power Point harus sering diasah agar hasil yang didapat akan semakin bagus.


"Skill desain itu ibarat sebuah kapak, harus diasah terus agar tidak tumpul, apapun aplikasinya harus diupdate terus agar skill kita sangat tajam," tegas Fajri  dari Komunitas Desain Grafis Bengkel Slide.


Seluruh peserta pelatihan 'Creative Desain Melalui Power Point' kemudian langsung praktek belajar bersama membuat desain dengan menggunakan Power Point dalam waktu cepat. Desain-desain yang mereka hasilkan pun bagus-bagus, meskipun mereka baru pemula, bahkan ada yang belum pernah sama sekali belajar desain grafis. (r) 

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,579,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,272,Kab Landak,231,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,70,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,62,Polri,775,TNI,1336,
ltr
item
borneoterkini: Partai Gelora Gelar Pelatihan Desain Grafis Melalui Power Point
Partai Gelora Gelar Pelatihan Desain Grafis Melalui Power Point
https://1.bp.blogspot.com/-_nU3_hQ27y0/X2boK2uN3zI/AAAAAAAAIWk/F8CBEoJ2ShAHTVrlYAkiyoRYjINgBktjwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200920-WA0002_640x365.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_nU3_hQ27y0/X2boK2uN3zI/AAAAAAAAIWk/F8CBEoJ2ShAHTVrlYAkiyoRYjINgBktjwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200920-WA0002_640x365.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/09/partai-gelora-gelar-pelatihan-desain.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/09/partai-gelora-gelar-pelatihan-desain.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy