Tim Promkes Puskesmas Ngabang Ingatkan Kembali Adaptasi Kebiasaan Baru Lewat Radio Pemda


Ngabang, Landak - Tim Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Ngabang gelar sosialisasi adaptasi kebiasaan baru lewat Radio Pemda Landak (Rapela), Selasa (15/09/2020).

Selain lewat frekuensi radio di 105,5 FM siaran tersebut juga ditayangkan lewat streaming di halaman facebook Rapela dimana hadir sebagai narasumber Elisabet Nopia, S.K.M bersama Iyo Setiawati, S.K.M, serta sebagai penyiar Rizki Mahardika Tullahwi.

Siaran yang mengangkat tema "ayo terapkan adaptasi kebiasaan baru" diawali dengan disampaikannya kembali pengertian dari istilah adaptasi kebiasaan baru oleh Elisabet Nopia, S.K.M.

"Adaptasi kebiasaan baru ini sebenarnya sama dengan new normal hanya istilahnya saja yang berubah namun intinya bahwa adaptasi kebiasaan baru ini dimana masyarakat boleh kembali melakukan aktivitas hanya saja dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," terangnya.

Lebih jauh Nopia menambah bahwa ada beberapa protokol yang wajib dilakukan oleh masyarakat dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru diantaranya 3 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Dengan itu harapan kita supaya bisa memutus rantai penyebaran COVID 19 ini, karena sejauh ini belum obatnya sehingga lebih baik mencegah daripada mengobati," lanjut Nopia.

Selain itu Nopia juga menjelaskan tentang gejala orang yang terindikasi terjangkit dan penyebaran COVID-19 ini.

"Ada beberapa gejala yang timbul jika orang terjangkit COVID 19 diantaranya batuk filek, flu, demam dan gangguan pernafasan, namun yang membuat ini semakin sulit dideteksi ada juga suspek tanpa gejala sehingga kita sulit mengetahuinya, cara terbaik untuk menghindari virus ini dengan menerapkan 3 M tadi," pungkasnya.

Iyo Setiawati, S.K.M yang juga turut menjadi narasumber dalam program tersebut menambahkan bahwa sejauh ini masih ada masyarakat yang masih abai dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru.

"Kalau kita lihat masih banyak masyarakat khususnya para remaja yang sering kumpul dan tidak menggunakan masker di tempat umum seperti cafe, terminal dan pasar, padahal ditempat seperti itulah yang bisa berpotensi tempat penyebaran virus," papar Iyo.

Dia menegaskan bahwa dengan selalu mengikuti protokol kesehatan bisa menghindarkan dari terjangkit atau menjangkiti orang lain dengan virus corona.

"Selama ini kami selalu berkeliling mengingat masyarakat secara langsung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan mengempanyekan istilah masker ku melindungi mu, masker mu melindungi ku, dan mencegah lebih baik dari pada mengobati," tutupnya.


Penulis : Rizki M.T

Editor : One


COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,578,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,258,Kab Landak,217,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,67,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,53,Polri,765,TNI,1289,
ltr
item
borneoterkini: Tim Promkes Puskesmas Ngabang Ingatkan Kembali Adaptasi Kebiasaan Baru Lewat Radio Pemda
Tim Promkes Puskesmas Ngabang Ingatkan Kembali Adaptasi Kebiasaan Baru Lewat Radio Pemda
https://1.bp.blogspot.com/-jqBGHEue5-U/X2D0xPMc9lI/AAAAAAAALF8/cpjgsxCBioEwyG6ovP5vNmCsBgKQZF4vwCLcBGAsYHQ/s320/IMG20200915155626.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jqBGHEue5-U/X2D0xPMc9lI/AAAAAAAALF8/cpjgsxCBioEwyG6ovP5vNmCsBgKQZF4vwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG20200915155626.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/09/tim-promkes-puskesmas-ngabang-ingatkan.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/09/tim-promkes-puskesmas-ngabang-ingatkan.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy