Pemkab Siap Bangun Mal Pelayanan Publik

PROKOPIM KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus mematangkan persiapan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP). Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kubu Raya, Maria Agustina, mengungkapkan sejumlah instansi telah menyatakan kesiapan untuk bergabung dalam MPP. Di antaranya sejumlah Organisasi Perangkat Daerah kabupaten, BUMN, BUMD, Perumda, perbankan, Kementerian/Lembaga, dan kepolisian daerah. Ia mengatakan komunikasi terus dilakukan dengan berbagai instansi pelayanan lainnya agar dapat bergabung dalam MPP. 

“Instansi yang akan bergabung sudah dilakukan penjajakan dan menyatakan siap masuk MPP,” ujar Maria Agustina pada rapat persiapan pembentukan Mal Pelayanan Publik di Ruang Rapat Pamong Praja I Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (6/10).

Maria menerangkan pembentukan mal pelayanan publik diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Keberadaan MPP dibutuhkan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan. Sehingga diperlukan pengelolaan pelayanan publik terpadu dan terintegrasi seluruh jenis pelayanan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan swasta pada satu tempat. 

“Pengintegrasian pelayanan publik pada mal pelayanan publik dibutuhkan dalam upaya menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman,” sebutnya. 

Ia menuturkan MPP adalah amanah dari peraturan menteri di mana hasil yang diharapkan dari keberadaan MPP adalah tercapainya tingkat kepuasan masyarakat. Juga efektivitas dan efisiensi dalam penerapan standar pelayanan terutama perizinan dan non-perizinan. MPP juga akan berkontribusi pada peningkatan peringkat Indonesia dalam kemudahan berinvestasi atau berusaha. 

“Ini merupakan fungsi perluasan dari fungsi pelayanan terpadu atau satu pintu. Tujuannya memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Sekaligus meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Indonesia khususnya Kabupaten Kubu Raya,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan di wilayah Kalimantan Barat belum ada daerah yang memiliki MPP. Namun sejumlah kabupaten/kota termasuk Kubu Raya telah melakukan ekspose dan persiapan pembentukan MPP. Adapun di Pulau Kalimantan, baru Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur yang memiliki MPP. 

“Alhamdulillah, beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kubu Raya sudah bersedia. Itu kunci MPP akan berjalan,” ucapnya. 

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terkait kualitas pelayanan publik. Menurutnya, pemerintah kabupaten tetap memaksimalkan dan menjaga stabilitas pelayanan di tengah pandemi Covid-19. Terkait pembentukan mal pelayanan publik, ia menyebut hal itu sebagai bentuk serangan yang mendarat pada sasaran, yakni terbakukannya pelayanan perizinan dan non-perizinan.

“Dan ini semua dalam konteks keterpaduan dan sudah dirumuskan dengan kepung bakul. Jadi kita sederhanakan supaya maksimal,” ujarnya.

Muda mengatakan masyarakat dan pelaku usaha membutuhkan pelayanan yang cepat dan efektif. Karena itu, berbagai pelayanan perizinan dan non-perizinan akan digabungkan dalam sebuah mal pelayanan publik.  Sehingga memberikan kemudahan bagi mereka yang memerlukan layanan. 

“Jadi itu sifatnya untuk memudahkan orang supaya tidak bolak-balik. Dri situ bisa selesai banyak urusan,” sebutnya. 

Ia menyatakan MPP yang memberikan keterpaduan akan menghadirkan kecepatan dan efektivitas untuk memudahkan masuknya investasi dan kegiatan ekonomi. 

“Dengan perizinan yang efektif akan mempercepat juga peluang-peluang usaha termasuk usaha mikro di mana kita bisa percepat pendaftarannya,” ucapnya. 

Lebih jauh ia mengatakan MPP yang akan dibentuk harus punya daya tarik. Tidak saja secara fungsional tapi juga sosial. Karena itu, MPP dapat diupayakan untuk berada di pusat kegiatan ekonomi warga, semisal pusat perbelanjaan. Sehingga menjadi magnet yang dapat menarik minat warga untuk datang. 

“Ini juga menjadi salah satu cara menaikkan brand dan imej daripada pusat perbelanjaan bahwa bukan sekadar bicara orang belanja dan gaya hidup, tapi juga bicara tentang pelayanan,” sebutnya. (rio)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,579,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,272,Kab Landak,231,Kab Sintang,68,Kuliner,2,Nasional,70,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,62,Polri,772,TNI,1324,
ltr
item
borneoterkini: Pemkab Siap Bangun Mal Pelayanan Publik
Pemkab Siap Bangun Mal Pelayanan Publik
https://1.bp.blogspot.com/-IXSXrobejPM/X375lPrebpI/AAAAAAAAIdE/WnASQXj7mz4fh5lfdNeC2jRD55JaLK3yQCLcBGAsYHQ/w529-h354/1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IXSXrobejPM/X375lPrebpI/AAAAAAAAIdE/WnASQXj7mz4fh5lfdNeC2jRD55JaLK3yQCLcBGAsYHQ/s72-w529-c-h354/1.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/10/pemkab-siap-bangun-mal-pelayanan-publik.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/10/pemkab-siap-bangun-mal-pelayanan-publik.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy