Bupati Muda Puji Satgas Desa Tangkal Covid-19



PROKOPIM KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di desa-desa yang berada di wilayah Kodam XII/Tanjungpura. Pencanangan yang dilakukan serentak pada Senin (2/11) itu disebutnya sebagai gerakan yang konkret. Sebab menyasar langsung ke rumah tangga-rumah tangga yang ada di desa-desa. Hal itu, menurutnya, memperkuat apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sejak awal datangnya pandemi pada Maret lalu, yakni membentuk gugus tugas desa untuk percepatan penanggulangan Covid-19. 

“Ini mendarat ke sasaran di rumah tangga-rumah tangga. Karena di Kubu Raya sejak Maret lalu kita memang langsung mengegasnya itu ke desa-desa. Sebab lebih terukur kerja-kerjanya. Karena kalau kita kerja berdasarkan kecamatan maka terlalu luas,” tutur Muda Mahendrawan saat menghadiri Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di Wilayah Kodam XII/Tanjungpura di Kantor Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Senin (2/11). 

Pencanangan Satgas Desa dilakukan Kodam XII/Tanjungpura untuk mewujudkan desa mandiri sehat di tengah pandemi Covid-19. Pencanangan dihadiri Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Remigius Sigit Tri Hardjanto, dan Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah. 

Muda mengatakan pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid oleh Kodam XII/Tanjungpura sinergis dengan program Kampung Mandiri Tangguh yang diluncurkan Kepolisian Republik Indonesia pada Juni lalu. Ia menyebut keberadaan Satgas Desa Tangkal Covid dan Kampung Mandiri Tangguh menjadi potret ideal kerja bersama mewujudkan desa mandiri sehat di tengah pandemi. 

“Ini kan sebenarnya konsep kepung bakul. Strategi kepung bakul seperti itu gambarannya. Semua elemen bergerak dengan rasa tanggung jawab karena panggilan nurani. Pandemi ini harus kita kepung supaya ada pencegahan-pencegahan yang benar-benar terpetakan dengan baik,” ujarnya. 

Lebih jauh ia mengungkapkan penanganan pandemi Covid-19 di Kubu Raya dilakukan antara lain dengan strategi pemetaan kerentanan di rumah tangga. Menurutnya, setiap rumah tangga harus memahami profil kesehatan pribadi setiap anggotanya. Termasuk kerentanan-kerentanan yang dimiliki. Dengan begitu dapat diketahui perilaku-perilaku yang boleh atau tidak untuk dilakukan. 

“Strategi memetakan di rumah tangganya masing-masing. Misalnya ada anggota keluarga yang rentan karena punya penyakit tertentu, atau ada anggota keluarga yang lanjut usia. Sehingga bagaimana mereka bisa menavigasi di dalam rumah tangganya. Nah, makanya langkah-langkah yang dilakukan selama ini adalah menginventrarisi masyarakat yang berisiko,” terangnya.

Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid tidak terlepas dari adanya peningkatan kasus penularan Covid-19 di Kalimantan Barat. Karena itu, pihaknya mengambil langkah cepat dengan pencanangan di tingkat desa hingga rukun tetangga. 

“Ini bertujuan bagaimana kita menstimulus masyarakat agar masing-masing individu memiliki kesadaran di dalam melaksanakan protokol kesehatan. Nah, inilah yang diharapkan menjadi suatu budaya nantinya,” tuturnya. 

Pangdam Nur Rahmad berharap dengan peran Satgas Desa Tangkal Covid-19, akan ada perubahan perilaku di masyarakat. Dengan adanya kesadaran, diharapkan protokol kesehatan akan menjadi kebutuhan sehari-haari masyarakat. 

“Jika ini tercapai maka adaptasi kebiasaan baru akan terwujud. Otomatis kalau sudah aman dari Covid, pasti masyarakat akan produktif. Ujungnya kehidupan kita akan berjalan seperti biasa. Berdampingan dengan Covid tapi tetap sehat. Itu yang paling penting,” tuturnya. 

Kepala Desa Sungai Raya Pitut Dwi Yugono mengatakan sejak Maret lalu atau di awal pandemi masuk Kalimantan Barat, pihaknya telah membentuk tim relawan pencegahan Covid-19. Sejumlah langkah pun telah dilakukan. Seperti sosialisasi dan penyemprotan disinfektan ke sekolah, rumah ibadah, dan tempat usaha. Tim relawan juga aktif berkoodinasi dengan Satgas Covid-19 Puskesmas Sungai Raya Dalam. 

“Jumlah personel satgas kami 25 orang. Sebagai desa binaan kami bekerja sama dengan Satgas Covid di Puskesmas Sungai Raya Dalam. Kami meminta data-data setiap penduduk baru untuk segera dilaporkan ke RT dan RT melaporkan ke satgas yang ada di desa, kemudian melaporkan ke satgas puskesmas untuk ditindaklanjuti,” jelasnya. (rio)

COMMENTS

Nama

Daer,1,Daerah,580,Foto Dan Video,2,Hobi Mancing,5,Internasional,7,Kab Kubu Raya,290,Kab Landak,239,Kab Sintang,68,Kuliner,3,Nasional,71,Olahraga,19,Pariwisata,4,Politik,66,Polri,785,TNI,1349,
ltr
item
borneoterkini: Bupati Muda Puji Satgas Desa Tangkal Covid-19
Bupati Muda Puji Satgas Desa Tangkal Covid-19
https://1.bp.blogspot.com/-1sk_8iTXE50/X6ITRZJttVI/AAAAAAAAImI/MVegAMJEbOUE-_Pq6WLWpJ7RzuXAgkyBACLcBGAsYHQ/w528-h353/11.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1sk_8iTXE50/X6ITRZJttVI/AAAAAAAAImI/MVegAMJEbOUE-_Pq6WLWpJ7RzuXAgkyBACLcBGAsYHQ/s72-w528-c-h353/11.jpg
borneoterkini
https://www.borneoterkini.id/2020/11/bupati-muda-puji-satgas-desa-tangkal.html
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/
https://www.borneoterkini.id/2020/11/bupati-muda-puji-satgas-desa-tangkal.html
true
8170326517147195229
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy